Ada Pembaruan Windows 11, Ini Daftar Fitur Hilang dan Baru

Bocoran tampilan Windows 11 - TheVerge
25 Juni 2021 17:17 WIB Newswire Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Microsoft akan memperbarui sistem operasi untuk desktop lewat Windows 11. Pengumuman resmi menyatakan Microsoft tidak hanya menghadirkan desain baru, tetapi juga menu Start terpusat, dan dukungan untuk aplikasi Android. 

Beberapa pengguna mungkin ingin memeriksa apa yang berubah karena kehadiran Windows 11 di desktop miliknya. Apa yang menghilang, apa yang baru ditambahkan, dan apa yang berpindah ke Microsoft Store? 

Dilansir dari tempo.co, Kamis (25/6/2021), ini deretan perubahan yang timbul akibat pembaruan Windows 11:

Yang dihilangkan:

  1. Cortana tidak lagi menjadi bagian dari pengalaman boot dan tidak akan disematkan ke bilah tugas. Cortana adalah aplikasi asisten pribadi cerdas yang dikembangkan oleh Microsoft untuk Windows Phone 8.1 maupun Windows 10, Microsoft Band.
  2. Live Tiles tidak akan tersedia lagi di menu Start. Di Windows 11, fitur yang dapat memberi update singkat informasi terkini terkait aplikasi yang sering digunakan itu akan hilang.
  3. Tidak ada lagi mode tablet, dan mode S ringan Windows 10 (bisa dibilang juga berguna untuk tablet). Pada sistem operasi terbaru ini hanya akan tersedia di Windows 11 Home.
  4. Skype adalah salah satu dari sedikit aplikasi yang tidak lagi disertakan dalam instalasi bersih sistem operasi baru. Perubahannya, meski besar, tidak terlalu mengejutkan, mengingat Teams akan langsung terintegrasi sebagai bagian dari Windows 11.
  5. OneNote untuk Windows 10 juga tidak akan disertakan dalam penginstalan bersih. Fungsi aplikasi ini untuk membuat catatan dengan fitur kolaborasi multi-pengguna. Program ini mampu mengolah catatan, gambar, kliping layar dan komentar audio.
  6. Microsoft tidak lagi menyertakan Paint 3D dan 3D Viewer, yang menjadi fokus dari salah satu pembaruan Windows 10 terbesar, dalam instalasi bersih. Kedua aplikasi itu juga tidak disertakan dalam pemasangan baru Windows 10 Insider pada Maret lalu.
  7. Pengguna juga tidak lagi dapat menyematkan bilah tugas ke sisi mana pun dari layar, bilah tugas hanya dapat disejajarkan ke bagian bawah di Windows 11. Aplikasi juga tidak dapat menyesuaikan area bilah tugas.

Yang ditambahkan:

  1. Microsoft mengintegrasikan aplikasi Microsoft Teams secara langsung ke dalam Windows 11, menggnatikan Skype. Teams pada dasarnya adalah aplikasi perpesanan dan panggilan video yang dapat digunakan untuk menelepon atau mengirim SMS.
  2. Untuk para gamer, Microsoft menghadirkan fitur Auto HDR dari konsol Xbox Series-nya. Fitur ini mampu mengaktifkan output HDR, bahkan dari game yang tidak menampilkan HDR. 
  3. Fitur lain yang dirancang untuk konsol Xbox dan sekarang hadir di PC adalah DirectStorage. Fitur ini memanfaatkan penyimpanan NVMe SSD modern dan mempercepat waktu pemuatan game secara signifikan.
  4. Game Pass, layanan berlangganan untuk game, juga akan terintegrasi di dalam OS Windows 11melalui aplikasi Xbox baru.

Sumber : Bisnis Indonesia