Akun Facebook, Instagram atau Whatsapp Diretas? Ini Cara Memulihkannya

Media sosial - istimewa
06 Juli 2021 11:27 WIB Leo Dwi Jatmiko Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Media sosial rawan dengan kasus peretasan. Sering kita dengar kabar mengenai hilangnya akun Whatsapp, Instagram hingga Facebook seseorang secara tiba-tiba. Akun tersebut lenyap mendadak setelah mengakses beberapa tautan yang mencurigakan atau terkena modus phishing

Phising adalah upaya membajak (hacking) atau mengambil alih (meretas) akun seseorang dengan cara penipuan. Modusnya banyak. Umumnya, peretas berupaya memengaruhi sisi emosional target agar terpancing ke dalam jebakan, atau berpura-pura menjadi seseorang yang kita kenal lalu meminta uang atau menawarkan bantuan tertentu.      

Lalu, bagaimana kalau sudah terjebak modus phishing dan akun telah diambil alih atau di-hack pihak tak bertanggung jawab? Berikut sejumlah tips dari Facebook  agar Anda dapat memperoleh kembali akses ke akun anda: 

Akun Facebook

  • Laporkan kejadian tersebut melalui tautan ini http://www.facebook.com/hacked. Isi laporan dengan alamat email dan nomor ponsel yang digunakan saat mendaftar atau membuat akun Facebook. 
  • Untuk sementara waktu, anda mungkin tidak dapat mengakses akun. Tidak perlu khawatir - pastikan Anda telah mengisi laporan dengan data-data yang benar. 
  • Selama proses verifikasi data, Facebook akan meminta anda untuk mengirimkan foto kartu identitas, seperti KTP atau SIM. 
  • Facebook akan mengirimkan notifikasi melalui email apabila akun anda telah berhasil dipulihkan. 

Akun Instagram

  • Laporkan kejadian tersebut melalui tautan ini help.instagram.com  
  • Ketika laporan anda telah disampaikan ke Instagram, mungkin akun Anda akan terlihat hilang. Ini merupakan salah satu langkah Instagram untuk memastikan bahwa akun anda benar dibajak. 
  • Periksa email yang digunakan untuk membuat akun secara berkala. Instagram akan mengirimkan email yang meminta pengguna untuk mengisi formulir dan menyertakan data diri, seperti foto atau KTP. 
  • Proses verifikasi umumnya membutuhkan waktu 4 - 7 hari. Instagram akan memberikan konfirmasi melalui email jika akun sudah pulih. 

Akun WhatsApp

  • Segera lakukan verifikasi dengan masuk ke aplikasi WhatsApp dan masukkan nomor ponsel yang terdaftar. Selengkapnya mengenai cara verifikasi nomor dapat dilihat di sini: http://faq.whatsapp.com/android/verification/verifiying-your-number  
  • Setelah verifikasi, anda akan menerima kode 6 angka via SMS. Masukkan kode tersebut ke aplikasi WhatsApp. 
  • WhatsApp biasanya akan meminta kode Autentikasi Dua Langkah. Tetapi, jika pengguna belum mengaktifkannya, akses kembali ke WhatsApp akan diterima 7 hari setelah proses verifikasi nomor.

Sumber : Bisnis.com