Platform Ini Siapkan Informasi Lengkap Bagi Penyintas Covid-19

Platform baikhati.di bisa diakses lewat android. - Ist.
10 Juli 2021 15:47 WIB Sunartono Tekno Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Sebuah platform bernama baikhati.id diluncurkan sebagai informasi lengkap yang dapat dimanfaatkan oleh para penyintas Covid-19. Platform ini memberikan informasi terkini mulai dari kebutuhan siap paki bagi warga yang positif Covid-19, vaksinasi hingga pengumpulan bantuan.

Dalam platform ini jika dibuka ada delapan menu mulai dari informasi Covid-19 secara umum yang memuat peta persebaran, ketersediaan oksigen dan tempat isolasi, laporan warga yang membutuhkan dan pengiriman bantuan. Menu platform ini juga memberikan hiburan bagi masyarakat yang sedang menjalani isoman, pengecekan informasi hoaks, vaksinasi dan penggalangan bantuan.

BACA JUGA : Kisah Perantau Penyintas Covid-19 Asal Jogja, 

“Di tengah situasi pandemi ini, masyarakat yang terpapar Covid-19 semakin panik. Kadang pengetahuan mereka minim. Platform baikhati.id merangkum informasi yang dibutuhkan secara detail dan lengkap seputar Covid-19. Harapannya warga yang terpapar Covid-19 bisa cepat mengantisipasi penanganan,” ujar Perwakilan Baikhati.id, Saptana dalam rilisnya Sabtu (10/7/2021).

Ia mengatakan dalam beberapa kasus ada penyintas yang tidak tertolong karena kesulitan mendapatkan bed harus mencari dari satu rumah sakit ke rumah sakit lainnya. Melalui platform tersebut diharapkan masyarakat bisa memantau ketersediaan bed rumah sakit rujukan Covid-19 di daerah masing-masing.

“Bisanya ketika terpapar dan kondisi sedikit berat mereka langsung ke rumah sakit A misalnya, padahal penuh, sementara rumah sakit B masih bisa menampung pasien, akhirnya mereka seperti terombang ambing. Ini kan dapat memperparah kondisi pasien, maka harus ada platform informasi yang update,” ujarnya.

BACA JUGA : Kisah Pasien Isoman di Sleman 16 Jam Menunggu Mobil

Ia menambahkan banyak pasien memilih isolasi mandiri di rumah, apartemen untuk pemulihan, namun kadang tak memahami bagaimana isoman yang baik dan benar agar tidak menularkan anggota keluarga lain. Platform ini bisa menjadi panduan isolasi mandiri di rumah agar bisa menjalani isoman dengan tepat.

“Baikhati.id juga terhubung dengan kanal sosial media seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Berisi juga informasi donor plasma, mobil jenazah. Masyarakat yang ingin membantu sesama bisa mengirimkan informasi lengkap dan detail kronologi kepada Whatsapp Bot atau Telegram Bot,” katanya.