Aplikasi Farmaplus Dikembangkan untuk Cek Ketersediaan Obat Covid-19

Ilustrasi Obat COvid-19. - Antara
11 Juli 2021 15:27 WIB Nindya Aldila Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Masyarakat kini dapat mengecek ketersediaan obat untuk terapi Covid-19 melalui aplikasi Farmaplus sebelum membeli di apotek.

Plt. Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan Arianti Anaya mengatakan aplikasi Farmaplus ini akan dikembangkan dengan jejaring apotek sampai ke seluruh Indonesia.

Tak hanya itu, untuk memenuhi kebutuhan obat yang meningkat sejalan dengan lonjakan kasus konfirmasi Covid-19, pemerintah telah mendorong seluruh industri farmasi baik swasta maupun BUMN untuk meningkatkan kapasitas produksinya, termasuk mempercepat proses importasi obat.

“Kita mendorong dan memantau industri agar sesegera mungkin mendistribusikan obat-obat ke Faskes dan ke apotek-apotek sehingga tidak ada penimbunan obat-obatan di industri ataupun di PBF [Pedagang Besar Farmasi],” ungkap Arianti dalam keterangan pers pada Sabtu (10/7/2021).

Dia juga mengingatkan kepada seluruh anggota masyarakat sebelum membeli obat-obatan terapi Covid-19 harus berkonsultasi dahulu dengan dokter, kecuali vitamin.

Semua obat-obatan terapi Covid-19 harus dibeli dengan menggunakan resep dokter karena terdapat risiko pada pemakaian yang tidak sesuai justru dapat menjadi racun bagi tubuh.

Industri farmasi juga diminta agar bekerja sama dengan pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 dan memastikan tidak ada penimbunan obat yang dapat merugikan masyarakat.

“Nanti kita juga bekerjasama dengan aparat agar tidak ada penimbunan-penimbunan obat. Kami ingatkan bahwa masyarakat berhak untuk mendapatkan pelayanan terapi Covid-19 yang sebaik-baiknya,” tandasnya.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia