Cara Memulihkan Akun Gmail apabila Kehilangan Akses

Gmail - JIBI/Bisnis.com
07 Agustus 2021 12:37 WIB Jessica Gabriela Soehandoko Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Dari banyak kasus kehilangan akses terhadap akun Gmail, penyebab yang paling sering terjadi yakni karena Anda lupa mengingat kata sandi Anda, atau karena seseorang telah meretas akun Anda dan mengubahnya.

Beberapa pilihan yang ditawarkan Google cukup terbatas. Oleh karena itu, berikut beberapa saran yang dilansir dari theverge, agar Anda dapat menyiapkan terlebih dahulu untuk mengatasi hal-hal yang tidak ingin terjadi.

1. Backup akun Anda secara teratur

Google menyediakan sarana bagi Anda untuk mengunduh data Anda yang disebut Takeout. Anda dapat mengunduh semua data dari semua aplikasi Google Anda, atau dari beberapa di antaranya, atau hanya dari satu aplikasi seperti Gmail.

Format unduhan bervariasi tergantung pada jenis data. Email Anda akan diunduh dalam format MBOX, yang kemudian dapat diunggah ke akun Gmail lain atau ke sebagian besar layanan atau aplikasi email lainnya.

2. Catat password lama Anda

Salah satu cara Google memverifikasi identitas Anda adalah dengan meminta Anda mengetikkan kata sandi sebelumnya. Untuk keamanan yang lebih baik, ubahlah sandi Anda secara teratur, dan simpan catatan sandi Anda di tempat yang aman.

Jika Anda tidak mengelola kata sandi, Anda dapat menyimpan daftar kata sandi lama Anda dalam file terenkripsi untuk berjaga-jaga.

3. Periksa info pemulihan yang tersedia

Anda dapat memberikan info pemulihan kepada Google, sebanyak yang Anda mau hingga merasa aman.

Beberapa tahapan yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut.

1. Buka halaman akun Google Anda dan kemudian klik "Keamanan" di kolom sebelah kiri.
2. Gulir ke bawah ke "Cara kami dapat memverifikasi bahwa ini memang Anda".
3. Anda akan melihat apakah Anda telah mendaftarkan nomor telepon pemulihan atau email pemulihan.
4. Jika Anda tidak memiliki salah satu yang diisi, mungkin ide yang baik untuk mengisi setidaknya satu.

Jika Anda ingin lebih berhati-hati, berikut cara menambahkan informasi kepada Google.

Siapkan akun email pemulihan

Akun email pemulihan Anda dapat berupa akun Gmail lain. Anda dapat melakukannya dengan membuka bagian "Cara kami dapat memverifikasi bahwa ini memang Anda" > klik "Email pemulihan" > Ketik alamat email pemulihan yang Anda pilih dan klik "Verifikasi."

Google akan mengirimkan kode verifikasi enam digit ke alamat email yang Anda masukkan. Buka email Anda, salin kodenya, dan kembali ke halaman pemulihan untuk memasukkan kode.

Siapkan nomor telepon pemulihan

Buka bagian "Cara kami dapat memverifikasi bahwa ini memang Anda" dan klik "Email pemulihan" > Klik "Tambah Telepon Pemulihan" > masukkan nomor telepon di kotak pop-up > Google akan mengirimi Anda kode verifikasi di nomor telepon tersebut.

4. Ingatlah data saat Anda memulai akun

Jika semua cara gagal, Google mungkin menanyakan kapan Anda membuat akun. Namun jika Anda lupa, cara termudah adalah menemukan Gmail Anda yang paling awal dan menyimpan info itu di tempat yang aman.

Anda dapat melakukannya dengan cara membuka menu sebelah kiri, temukan “Semua Surat” > Klik jumlah email yang Anda miliki dan pilih “Terlama”.

5. Pulihkan kata sandi Anda

Jika Anda benar-benar kehilangan sandi, maka cara yang dapat Anda lakukan adalah menuju halaman pemulihan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Namun, pilihan yang ditawarkan memang terbatas. Jika Anda tidak memiliki seluruh data yang dibutuhkan oleh Google, maka Anda akan didesak untuk mencoba kembali dan tidak memberikan alternatif lain.

Anda juga dapat mencoba membuka halaman "Tidak dapat masuk ke Akun Google Anda" dan memilih satu atau beberapa pilihan yang ditawarkan, untuk melihat apakah ada opsi lain yang ditawarkan.

Sumber : JIBI-Bisnis.com