Pegawai Amazon yang Sudah Disuntik Vaksin Diberi Hadiah Uang dan Mobil

Ilustrasi Amazon. - Antara/Reuters
08 Agustus 2021 07:57 WIB Farid Firdaus Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Amazon.com Inc. menawarkan hadiah uang tunai sebanyak US$500.000 serta mobil dan paket liburan kepada karyawan garis depan yang dapat membuktikan bahwa mereka telah divaksinasi Covid-19.

Menurut laporan Bloomberg, Sabtu (7/8/2021), Amazon dengan total 1,3 juta tenaga kerjanya menginisiasi lotre ini dengan sebutan Max Your Vax, yang bertujuan untuk mendorong para pegawainya mendapat suntikan vaksin.

Pengumuman Amazon datang pada hari yang sama ketika perusahaan mengatakan bahwa mulai 9 Oktober pekerja harus memakai masker di fasilitas logistiknya, terlepas dari status vaksinasi. Ini cerminan dari keparahan penyebaran varian delta Covid. Pekerja yang divaksinasi dapat bekerja di Amazon tanpa masker sejak akhir Mei 2021.

Amazon sebelumnya menawarkan pekerja garis depan sebanyak US$80 jika mereka diinokulasi terhadap virus. Perusahaan sangat membutuhkan pekerja untuk memenuhi permintaan yang meningkat dari pembeli online dan puluhan staf fasilitas baru yang online.

Beberapa pegawai Amazon garis depan dan manajer mereka mengatakan perusahaan khawatir mandat akan membuat skeptis terhadap vaksin, dan para pegawai malah mencari pekerjaan lain.

Lotre Amazon ini akan menawarkan total 18 hadiah, yang menurut perusahaan bernilai hampir US$2 juta. Hadiah akan berupa dua penghargaan tunai US$500.000, enam penghargaan US$100.000, serta lima kendaraan baru dan lima paket liburan.

Kami sangat percaya bahwa cara terbaik untuk melindungi karyawan dan komunitas garis depan kami dari Covid-19 adalah melalui vaksinasi. Dan kami bangga telah menyelenggarakan lebih dari 1.100 acara vaksinasi di tempat untuk membantu mendapatkan vaksinasi semudah mungkin bagi karyawan kami dan anggota rumah tangga mereka.” kata juru bicara Amazon Kelly Nantel dalam email.

Amazon bukanlah yang pertama membagikan hadiah untuk melawan sikap skeptis terhadap vaksin. Lotere tunai bermunculan di beberapa negara bagian AS selama peluncuran awal vaksin. Bahkan, Hong Kong sempat menawarkan emas batangan dan Rolex berlian, dan sebuah perusahaan Rusia mengundi mobil salju.

Kontes Amazon terbuka untuk pekerja garis depan mereka. Itu kebanyakan orang yang bekerja di gudang dan fasilitas logistik lainnya, tetapi juga pekerja di Whole Foods Market dan toko kelontong Amazon Fresh serta di pusat data Amazon Web Services.

Sumber : JIBI/Bisnis.com