Tips Bikin Password Akun Online Anti Hacker

Ilustrasi - youtube
08 Agustus 2021 17:57 WIB Mia Chitra Dinisari Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pernahkah Anda khawatir password akun online Anda dijebol hacker, atau bahkan pernah kena hack. Ini salah satu penyebabnya adalah karena password Anda mudah ditebak dan diketahui para hacker. Karena itu, banyak orang yang menggunakan password yang cukup rumit agar tidak mudah dideteksi hacker.

Tapi, National Cyber Security Center (NCSC) yang merupakan bagian dari Government Communications Headquarters memberikan tips bahwa membuat kata sandi untuk akun online yang terdiri dari tiga kata acak jauh lebih baik daripada membuat variasi huruf, angka, dan simbol yang rumit.

BACA JUGA : Website Pengadilan Agama Sleman Diserang Hacker

Menurut mereka, sistem tiga kata menciptakan kata sandi yang mudah diingat. Selain itu, ini menciptakan kombinasi huruf yang tidak biasa, yang berarti sistemnya cukup kuat untuk menjaga keamanan akun online dari penjahat dunia maya.

Sebaliknya, kata sandi yang lebih kompleks tidak efektif karena susunannya sering kali dapat ditebak oleh penjahat menggunakan perangkat lunak khusus.

Badan tersebut mengatakan penjahat dunia maya menargetkan strategi yang dapat diprediksi yang dimaksudkan untuk membuat kata sandi lebih kompleks. Contohnya termasuk mengganti huruf O dengan nol, atau angka satu dengan tanda seru.

Penjahat mengizinkan pola seperti itu dalam perangkat lunak peretasan mereka, meniadakan keamanan tambahan apa pun dari kata sandi tersebut. “Sebaliknya, penegakan persyaratan kompleksitas ini menghasilkan pembuatan kata sandi yang lebih dapat diprediksi,” kata agensi tersebut.

Sebaliknya, kata sandi yang dibuat dari tiga kata acak cenderung lebih panjang dan sulit diprediksi, dan menggunakan kombinasi huruf yang lebih sulit dideteksi oleh algoritma peretasan, katanya.

Menggunakan tiga kata acak tidak 100% aman, karena orang mungkin menggunakan kombinasi kata yang dapat diprediksi, tetapi mengatakan keuntungan utama dari sistem ini adalah kegunaannya "karena keamanan yang tidak dapat digunakan tidak berfungsi".

Kejahatan dunia maya telah melonjak selama pandemi, dengan penipuan online meningkat 70% selama setahun terakhir, menurut data dari Kantor Statistik Nasional.

“Saran kata sandi tradisional yang menyuruh kita untuk mengingat banyak kata sandi yang rumit adalah hal yang bodoh,” kata direktur teknis NCSC, Dr Ian Levy, di situs web pusat tersebut dilansir dari Guardian.

BACA JUGA : 2 Juta Data Nasabah BRI Life Bocor, Hacker Minta Tebusan

“Ada beberapa alasan bagus mengapa kami memutuskan pendekatan tiga kata acak paling tidak karena mereka membuat kata sandi yang kuat dan lebih mudah diingat.

Dia mengatakan dengan mengikuti saran ini, orang akan jauh lebih rentan terhadap penjahat dunia maya dan saya mendorong orang untuk memikirkan kata sandi yang mereka gunakan di akun penting mereka, dan mempertimbangkan pengelola kata sandi.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia