Sharp Electronics Indonesia Tak Lagi Produksi TV Analog

Pabrik Pusat Sharp Electronics Indonesia - Karawang. Istimewa. - Sharp
12 Agustus 2021 04:27 WIB Ipak Ayu Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Produsen elektronik asal Jepang yang telah memiliki pabrik di Indonesia, PT Sharp Electronics Indonesia bakal menghentikan produksi televisi (TV) analog tahun ini seiring dengan transisi siaran televisi teresterial ke digital di Tanah Air.

"Kami support program pemerintah untuk ASO [Analog Switch Off]. Jadi kami terakhir akan berhenti produksi TV analog tahun ini," kata Kepala Divisi Produk AUVI PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) Ardy, pada webinar tentang smart TV Aquos The Scenes 8k, Rabu (11/8/2021).

Ia mengakui meski telah mendapat kabar terbaru bahwa program ASO ditunda dari seharusnya minggu depan untuk tahap pertama, menjadi tahun depan.

BACA JUGA : Migrasi Siaran TV Analog ke Digital Ditunda Tahun Depan 

"Tapi kita tetap dukung program pemerintah, dan produksi TV analog kami berhenti tahun ini," ujar Ardy menegaskan.

Menurutnya, transisi TV analog ke digital sudah diwacanakan sejak 5 tahun lalu. Di kawasan Asia Tenggara atau ASEAN, Indonesia menjadi negara paling terakhir dalam penerapan TV digital.

Dalam perkembangan lain, merayakan 20 tahun produk TV Aquos, PT Sharp Electronics Indonesia merilis Aquos DW1X dengan kualitas gambar 8K.

Aquos DW1X merupakan generasi kedua dari seri Aquos yang dirilis pada 2019 lalu. Produk ini pun hadir dengan konsep Aquos the Scene 8K Bringing Real Experienc karena teknologinya mengeluarkan suara jernih dan tampak nyata. Aquos DW1X saat ini diproduksi di Malaysia dan akan tersedia untuk dijual di Indonesia pada bulan depan dengan harga Rp50 jutaan.

Product Marketing TV PT Sharp Electronics Indonesia Golden Mayanawa mengatakan Aquos DW1X hadir dengan dua pilihan ukuran yakni 60 inci dan 70 inci.

BACA JUGA : Pemerintah Jadwal Ulang Migrasi Siaran TV Analog ke Digital 

Aquos DW1X juga memiliki berbagai fitur menarik untuk melengkapi pengalaman menonton berbagai tayangan, seperti Android TV versi 11. Hal itu membuat TV ini memiliki hampir 5.000 aplikasi dari berbagai jenis mulai dari berita, olah raga, memasak, pendidikan anak, hingga kartun.

Aquos DW1X juga sudah kompatibel dengan berbagai platform video streaming seperti YouTube, Netflix, Disney Plus Hotstar.

Fitur lainnya ada Google Assistant yang memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan TV melalui suara, Google Dua untuk panggilan video, dan fitur eksklusif Game Qoo yang menghadirkan berbagai macam jenis game sekelas konsol ternama, seperti PlayStation 5, Nintendo, dan Xbox.

Sumber : Bisnis dan Antara