Whatsapp Rilis Lima Fitur Anyar untuk iPhone dan Android

Ilustrasi - JIBI/Bisnis.com
17 Agustus 2021 15:37 WIB Ithamar Yaomi DC Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTASejak Juli, Whatsapp telah meluncurkan beberapa fitur baru, beberapa di antaranya telah lama ditunggu-tunggu oleh para pengguna. Inilah hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang pembaruan dan peningkatan terbaru yang diatur untuk membuat hidup Anda jauh lebih mudah.

1. Panggilan Whatsapp yang dapat digabungkan

Diluncurkan pada akhir Juli, fitur ini memberikan penambahan yang sangat berguna untuk panggilan video dan panggilan suara yang memungkinkan pengguna langsung mengobrol setelah panggilan dimulai. 

Orang yang melewatkan (tertinggal) awal percakapan video grup dapat bergabung kapan saja selama panggilan berlangsung, seperti di Zoom atau Google Meet. Bahkan, dapat keluar-masuk panggilan kapan pun mereka mau. Sebelumnya, membiarkan orang baru melakukan panggilan berarti menutup dan memulai kembali panggilan untuk semua orang, yang dianggap sedikit menyusahkan.

Untuk membuatnya lebih lancar, WhatsApp menambahkan layar info panggilan baru untuk menunjukkan siapa yang sudah bergabung dalam panggilan dan siapa yang diundang tetapi belum bergabung. Siapa pun yang menekan tombol abaikan saat panggilan dimulai cukup bergabung nanti dari tab panggilan di WhatsApp.

WhatsApp menjelaskan: "Ketika kita terpisah, tidak ada yang lebih baik daripada berkumpul dalam panggilan grup dengan teman dan keluarga, dan tidak ada yang lebih buruk daripada menyadari bahwa Anda melewatkan momen spesial."

2. Smart Switch*

Pernah merasa frustrasi saat meng-upgrade ponsel Anda karena sulitnya beralih antara Android dan iOS? Sistem operasi membuatnya sesulit mungkin untuk mengurangi pengguna yang berpindah sistem dari yang satu ke yang lain. Namun, WhatsApp baru saja mengumumkan fitur baru untuk memudahkannya.

Sebelumnya, tidak ada cara untuk memindahkan riwayat obrolan Anda dari satu sistem ke sistem lainnya, seperti dari iOS ke Android. Bertahun-tahun riwayat obrolan, data, dan foto bisa hilang. Tetapi minggu ini fitur Smart Switch memulai debutnya untuk memberi pengguna cara sederhana untuk membuat cadangan riwayat obrolan dan file Anda dan mentransfernya ke telepon baru.

Fitur ini akan hadir di semua ponsel Samsung yang menjalankan Android 10 atau lebih tinggi dalam beberapa minggu ke depan, segera diikuti oleh semua perangkat Android dan iOS.

3. Multi-device support

Sudah bertahun-tahun hadir, tetapi pengguna WhatsApp akhirnya dapat menggunakan aplikasi tanpa memerlukan telepon. Sampai saat ini, menggunakan aplikasi di laptop atau PC Anda berarti juga menjaga koneksinya tetap aktif ke smartphone Anda, hal ini tidak berguna jika ponsel Anda hilang atau kehabisan daya.

Sekarang, Anda dapat menggunakan WhatsApp hingga empat perangkat sekaligus termasuk ponsel Anda. Lebih baik lagi, Anda tidak perlu memiliki koneksi telepon sama sekali. Semua pesan dan data termasuk stiker, kontak baru, dan pesan berbintang akan dibagikan dengan mulus antar perangkat. Anda dapat memulai dan menjawab panggilan dari perangkat apa pun. Perusahaan mengatakan penundaan peluncuran fitur itu untuk memastikan semuanya tetap aman dan terenkripsi saat berpindah perangkat.

4. Pesan menghilang

Snapchat adalah yang pertama memperkenalkan foto dan video yang hanya dapat dilihat sekali sebelum menghilang. Sekarang, WhatsApp telah mengadopsi fitur dengan opsi "lihat sekali". Foto dan video yang dikirim menggunakan fitur ini akan langsung dihapus setelah dibuka dan dilihat. Fitur itu akan berguna untuk mengirim informasi sementara, seperti kata sandi. 

5. Pembaruan obrolan yang diarsipkan

Akhirnya, WhatsApp meluncurkan perubahan penting pada pesan yang diarsipkan. Sebelumnya pengguna dapat memilih untuk menyembunyikan obrolan (grup atau individu) dari layar percakapan utama. Tetapi setiap kali seseorang membalas percakapan yang diarsipkan, percakapan itu akan langsung muncul kembali. Ini tidak ideal jika Anda benar-benar berusaha menghindari kontak tersebut, seperti obrolan grup.

Dengan pembaruan baru, obrolan yang diarsipkan akan tetap tersimpan dengan aman di folder mereka sendiri, bahkan jika seseorang mengirim pesan baru. Dan sangat mudah untuk mengembalikannya ke layar obrolan utama melalui menu pengaturan.

Ada banyak fitur untuk aplikasi utama yang diluncurkan dalam waktu sebulan. Dan perusahaan milik Facebook itu mungkin belum berhenti. 

Sumber : JIBI/Bisnis.com