Begini Cara Menerjemahkan Situs Web di Browser, Tanpa Google Translate

Tampilan layar aplikasi Google Translate
27 Agustus 2021 23:27 WIB Rika Anggraeni Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Teknologi berbasis internet semakin canggih seiring perkembangan zaman. Salah satu yang bermanfaat adalah cara menerjemahkan bahasa dari satu situs atau website (web) langsung di browser tanpa perlu masuk ke menu Google Translate.

Hanya dengan genggaman smartphone, Anda bisa menjelajahi Internet yang terkadang Anda tidak mengerti bahasa apa yang ditampilkan. Anda tidak perlu lagi membuka kamus, mencari satu persatu kata yang tak dimengerti dan kemudian merangkainya sendiri. Dalam situasi seperti ini, menerjemahkan situs web menggunakan Google dapat mempermudah Anda.

Sebagian dari Anda mungkin menerjemahkan situs web dengan menyalin dan menempelkan URL halaman web ke dalam kotak teks Terjemahkan. Selanjutnya, alu memilih bahasa yang ingin Anda terjemahkan.

Namun, sebenarnya ada cara yang jauh lebih nyaman untuk menerjemahkan situs web ke bahasa Anda inginkan. Meski tanpa Google Translate, Anda dapat menerjemahkan situs web langsung di browser.

BACA JUGA: Studi: Setelah Setahun, Setengah dari Penyintas Covid di Wuhan Masih Alami Gejala

Cara ini lebih cepat daripada membuka Google Translate dan memungkinkan Anda untuk sepenuhnya menavigasi situs web tanpa harus menerjemahkan setiap halaman tertentu secara individual.

Berikut adalah cara menerjemahkan situs web langsung di browser menggunakan Google Translate, dilansir dari Tom’s Guide. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah Anda harus menggunakan versi Google Chrome yang terbaru dan ikuti langkah di bawah ini: 

1. Buka situs web yang ingin Anda terjemahkan ke Google. Cukup navigasikan ke situs web yang perlu Anda terjemahkan seperti biasa.

2. Saat mengunjungi situs web yang tidak menggunakan bahasa browser Anda, ikon kecil akan muncul di sisi kanan bilah alamat. Klik tombol tersebut untuk mulai menerjemahkan.

3. Chrome akan secara otomatis mendeteksi bahasa situs web. Anda dapat menerjemahkan situs web ke bahasa browser Anda dengan memilihnya di kotak opsi.

4. Jika Anda ingin menerjemahkan situs web ke dalam bahasa tambahan, klik tombol tiga titik untuk memunculkan opsi "Pilih bahasa lain".

5. Selesai. Anda bisa membaca situs web langsung yang telah diterjemahkan tanpa perlu masuk ke menu Google Translate. 

Sumber : Bisnis.com