Ini 11 Trik Rahasia di WhatsApp yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Ilustrasi WhatsApp. - Bloomberg/Chris Ratcliffe
07 September 2021 21:17 WIB Ayyubi Kholid Saifullah Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - WhatsApp adalah salah satu platfrom komunikasi terbesar di dunia. Tetapi, pada tahun 2021, setelah perubahan kebijakan privasi yang dikomunikasikan dengan buruk membuat banyak orang beralih ke Signal dan Telegram.

Namun, dalam beberapa fitur yang dimiliki oleh platfrom komunikasi lainnya, WhatsApp tidaklah tertandingi. Dilansir dari wired.co.uk Selasa (07/09/2021) Berikut adalah beberapa fitur dan trik yang dimiliki oleh WhatsApp

1. Pesan Sementara

Pesan WhatsApp yang dapat disetel untuk menghilang setelah tujuh hari, adalah cara yang berguna untuk menjaga penyimpanan ponsel Anda, membantu melindungi privasi Anda.

Untuk menggunakan fitur ini, cukup ketuk grup WhatsApp atau nama obrolan di bagian atas layar dan kebagian bawah ke pesan sementara. Anda kemudian dapat mengaktifkan fitur tersebut ke On.

2. Arsipkan

Anda dapat menyembunyikan pesan individu atau grup dari percakapan Anda tanpa menghapusnya.

Untuk mengarsipkan obrolan, buka tab Obrolan, geser ke kiri dan arsipkan percakapan. Anda dapat melihat obrolan yang diarsipkan di bagian atas tab Obrolan dan geser ke kiri untuk membatalkan pengarsipan jika diinginkan. Anda juga dapat menggunakan fitur ini dengan mengetuk dan menahan obrolan yang ingin Anda arsipkan di daftar Obrolan Anda.

3. Cadangan

WhatsApp akan mendorong Anda untuk menggunakan fitur ini untuk mencadangkan pesan Anda di Google atau Apple cloud.

Menonaktifkan cadangan cloud meningkatkan keamanan Anda dengan tidak menyimpan pesan Anda di server Google atau Apple, tetapi berisiko untuk kehilangan riwayat obrolan Anda.

Jika Anda tertarik dengan fitur cadangkan, pergi ke Settings, Chatting, Chatting Backup dan mengubah Auto untuk menyimpan, Off untuk menonaktifkan.

4. Blokir

Cara tercepat adalah pergi ke kontak yang ingin Anda blokir di Obrolan, Info kontak, Blokir Kontak . Atau Anda bisa pergi ke Pengaturan, Akun, Privasi, Diblokir dan Tambah Baru.

Orang yang Anda blokir tidak akan mengetahuinya, tetapi mereka tidak lagi dapat menelepon atau mengirimi Anda pesan dan tidak akan dapat melihat kapan Anda terakhir online.

Fungsi lain dari Laporkan dan Blokir adalah untuk pesan spam yang mengganggu yang mungkin Anda terima di WhatsApp.

5. Memindahkan dari Android ke Iphone

pada bulan Agustus tahun ini, WhatsApp mengumumkan riwayat pesan dan konten sekarang dapat ditransfer antara Android dan iOS.

Melalui kode QR ketika perangkat Android dan iOS terhubung secara fisik melalui Kabel USB-C ke Lightning – nomor telepon hanya perlu sama di kedua perangkat.

6. Membatalkan Tautan Perangkat

Jika Anda mengganti ponsel, Anda sebaiknya memutuskan tautan akun WhatsApp Anda dan menghapus datanya.

WhatsApp telah meluncurkan multi-perangkat yang memungkinkan Anda menautkan empat perangkat tidak termasuk ponsel Anda.

Jika Anda bergabung dengan versi tersebut, Anda dapat menggunakan pengaturan Perangkat Tertaut untuk mengelolanya dan Putuskan tautannya jika diinginkan.

7. Otentikasi Multi-Faktor

WhatsApp tidak diamankan dengan kata sandi, tetapi ia menawarkan otentikasi multi-faktor atau PIN untuk membantu menghentikan akun Anda diretas.

Pengaturan PIN tidak diaktifkan secara default, jadi Anda harus melakukannya sendiri.

Untuk memulai, buka Akun, Verifikasi Dua Langkah dan Aktifkan fitur tersebut.

Kemudian Anda dapat mengatur PIN enam digit yang aman dan menambahkan alamat email untuk memungkinkan Anda menyetel ulang kode dengan cepat jika diperlukan.

WhatsApp juga memungkinkan Anda menggunakan ID Wajah seperti di iPhone untuk mengamankan akun Anda.

Di iPhone, ada di Pengaturan, Privasi, Kunci Layar, Memerlukan ID Wajah untuk membuka WhatsApp.

8. Meminta Informasi Akun

Fitur informasi akun permintaan WhatsApp memungkinkan Anda menerima laporan informasi dan pengaturan akun WhatsApp Anda untuk ditinjau atau dipindahkan ke aplikasi lain.

Buka Pengaturan  WhatsApp, Akun,  Minta Info Akun dan pilih Minta Laporan.

9. Pengaturan Privasi

Anda dapat menyesuaikan pengaturan ini di WhatsApp, Pengaturan, Akun,  Privasi, sambil mempertimbangkan beberapa peringatan.

Jika Anda tidak membagikan tanda terima yang terakhir dilihat dan dibaca, Anda tidak akan dapat melihat tanda terima orang lain.

Selain itu, tidak ada cara untuk bersembunyi saat Anda online atau mengetik dan tanda terima baca selalu dikirim untuk obrolan grup.

10. Kode QR untuk Menambah Kontak

cukup buka Pengaturan, ketuk Pindai, OK dan tahan perangkat Anda di atas kode QR, lalu ketuk Tambahkan ke Kontak.

Untuk memindai QR dari foto, buka Pengaturan, pilih ikon QR yang ditampilkan di samping nama Anda, ketuk  Pindai , dan pilih  ikon Foto di bagian bawah layar. Pilih kode QR WhatsApp dari foto Anda dan  Tambahkan ke Kontak.

11. Kelola Alat Penyimpanan dan Matikan Undahan Otomatis

Anda dapat menonaktifkannya di Setelan, Penyimpanan, dan Data.

Anda dapat melihat berapa banyak ruang yang digunakan WhatsApp di perangkat Anda dengan membuka Pengaturan, Penyimpanan dan Data, Kelola Penyimpanan. Maka mudah untuk menghapus file dan mengosongkan ruang.

Sumber : Bisnis.com