Begini Cara Mengatasi Undangan Acak dari Grup WhatsApp

WhatsApp grup
17 September 2021 23:27 WIB Dinda Aulia Ramadhanty Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Grup WhatsApp mampu membuktikan fungsinya dengan tetap berkontak bersama kerabat dan keluarga. Namun dikarenakan pengaturan privasi grup secara otomatis dipasang untuk "Everyone" atau "Semua Orang" mulanya, menyebabkan risiko terundang ke grup acak. (17/9/2021)

Ketika sebenarnya hal menjadi lebih dipermudah dan sederhana, namun nyatanya terundang pada grup WhatsApp acak dapat memberikan sedikit rasa jengkel terlebih saat pesan acak terus muncul.

Mengutip pada gadgetsnow.com, WhatsApp memiliki solusi untuk mengatasi permasalahan untuk terundang acak pada grup oleh orang yang acak. Berikut langkah yang dapat diterapkan

Cara pada iPhone

  1. Buka aplikasi WhatsApp dan segera ke Pengaturan 
  2. Pilih kolom Account, yang kemudian klik Privacy
  3. Disana akan terdapat banyak opsi, klik "Groups"
  4. Saat berhasil dibuka, akan disajikan tiga pilihan untuk menentukan siapa saja yang dapat mengundang Anda ke grup WhatsApp

Ketiga pilihan yang dimaksud yakni "Everyone", dengan arti semua orang yang memiliki nomor kontak Anda dapat menambahkan ke grup WhatsApp manapun. 

"My Contacts", dimana opsi ini mengartikan hanya mengizinkan yang terdaftar pada kontak Anda untuk mengundang ke suatu grup.

"My Contacts except-", sedikit berbeda dengan pilihan sebelumnya, dengan memilih ini berarti dapat membatasi seseorang atau beberapa kontak untuk menambahkan Anda ke suatu grup (dengan kondisi mereka  termasuk dalam kontak WhatsApp Anda). 

Jika memilih opsi ini juga, ketika seseorang dari kontak yang telah termasuk dalam list tersebut memasukkan Anda ke suatu grup, alih-alih otomatis menjadi anggota grup, sebelumnya akan ada notifikasi undangan grup yang diterima, sehingga dibebaskan untuk menerima atau menolak masuk grup tersebut.

Cara pada Android

  1. Menuju WhatsApp dan klik ikon tiga dot pada kanan atas 
  2. Pilih "Settings" kemudian klik "Account and Privacy"
  3. Setelah berhasil, terdapat tiga opsi yang dapat dipilih "Everyone", "My Contacts", "My Contacts except-"

Sumber : Bisnis.com