WhatsApp Bakal Tak Bisa Dibuka pada Beberapa Ponsel Ini

Ilustrasi - JIBI/Bisnis.com
27 September 2021 21:57 WIB Ithamar Yaomi DC Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Aplikasi WhatsApp akan sepenuhnya tak bisa dibuka beberapa tipe smartphone mulai Senin (1/11/2021) pekan depan.

Kini WhatsApp terus mendorong pembaruan dengan fitur dan keamanan baru. Di sisi lain, pembaruan ini memiliki persyaratan perangkat keras dan perangkat lunak minimum.

WhatsApp akan segera mulai tidak bisa digunakan untuk beberapa perangkat Android, iOS dan KaiOS yang berjalan pada versi OS lama. Platform pesan instan akan berhenti mendukung banyak perangkat lama mulai 1 November 2021. 

Artinya, aplikasi tersebut akan benar-benar berhenti bekerja pada beberapa perangkat.

Untuk terus menggunakan WhatsApp, pengguna tidak memiliki pilihan selain mendapatkan perangkat baru yang kompatibel untuk menjalankan aplikasi tersebut. Pengguna dapat mencadangkan riwayat obrolan mereka sebelum pindah ke perangkat baru untuk menyimpan semua obrolan dan media.

Android

Aplikasi yang berjalan di Android 4.0.4 dan versi yang lebih lama akan berhenti mendukung aplikasi WhatsApp. Update Icecream Sandwich dirilis pada tahun 2011. 

Beberapa perangkat Android populer yang tidak dapat menggunakan WhatsApp, antara lain Samsung Galaxy SII, Galaxy S3 mini, Optimus L5 Dual, Optimus L4 II Dual, Optimus F7, Optimus F5 dan banyak lagi.

iOS

Persyaratan minimum untuk menjalankan WhatsApp akan terbatas pada iOS 10 dan versi yang lebih baru. Semua iPhone yang berjalan pada sistem operasi lebih lama dari iOS 10 tidak akan berfungsi mulai 1 November. 

Perangkat seperti iPhone 6S, iPhone 6S Plus, Apple iPhone SE (generasi ke-1) akan berhenti mendukung pengoperasian WhatsApp.

KaiOS

WhatsApp hanya mendukung ponsel yang menjalankan KaiOS 2.5.0 dan yang lebih baru. Baik JioPhone dan JioPhone 2 akan terus kompatibel. Saat beralih ke perangkat baru, pengguna disarankan untuk membuat cadangan obrolan dan data lain mereka untuk terus menggunakan aplikasi dengan gangguan paling sedikit.

Sumber : JIBI/Bisnis.com