Tuai Kritikan, Peluncuran Instagram Kids Ditunda

Logo Instagram - Istimewa
28 September 2021 13:37 WIB Mia Chitra Dinisari Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Instagram memutuskan menunda atau menghentikan sementara rencana peluncuran instagram Kids. Hal itu disampaikan di blog resmi mereka, 27 September 2021.

"Kami telah memutuskan untuk menghentikan sementara proyek ini. Ini akan memberi kami waktu untuk bekerja dengan orang tua, pakar, pembuat kebijakan, dan regulator, untuk mendengarkan kekhawatiran mereka, dan untuk menunjukkan nilai dan pentingnya proyek ini bagi remaja muda secara online hari ini," tulis pernyataan resmi mereka.

Penundaan dilakukan karena adanya sejumlah kritikan terhadap rencana peluncuran “Instagram Kids”.

BACA JUGA : Pakar Medsos Sebut Perundungan Paling Banyak Terjadi

Tetapi pihak instagram mengatakan ini bukan berarti mereka mengakui bahwa proyek tersebut adalah ide yang buruk. Mereka menyatakan mengembangkan platform yang dirancang khusus  sesuai usia anak, jauh lebih baik bagi orang tua daripada saat ini.

"Kami memulai proyek ini untuk mengatasi masalah penting yang terlihat di seluruh industri kami: anak-anak semakin muda menggunakan ponsel, salah mengartikan usia mereka, dan mengunduh aplikasi yang ditujukan untuk mereka yang berusia 13 tahun ke atas," tambah pernyataan mereka.

Menurut mereka, sebelumnya, YouTube dan TikTok telah memiliki versi aplikasi untuk mereka yang berusia di bawah 13 tahun.

Dalam rencana pengembangan instagram kids, akan ditujukan untuk remaja (usia 10-12). Dimana aplikasi ini akan memerlukan izin orang tua untuk bergabung, tidak akan memiliki iklan, dan akan memiliki konten dan fitur yang sesuai dengan usia. Orang tua dapat mengawasi waktu yang dihabiskan anak-anak mereka di aplikasi dan mengawasi siapa yang dapat mengirim pesan kepada mereka, siapa yang dapat mengikuti mereka, dan siapa yang dapat mereka ikuti. 

Ditambahkan, jika bagian penting dari apa yang dikembangkan untuk “Instagram Kids” adalah cara bagi orang tua untuk mengawasi penggunaan Instagram anak mereka.

BACA JUGA : Viral Medsos: Bayi 10 Bulan Dicat Warna Silver Diajak Cari 

Pernyataan itu juga menambahkan saat ini mereka akan memperluas alat ini ke akun remaja (berusia 13 tahun ke atas) di Instagram.

Fitur-fitur baru ini, yang dapat dipilih oleh orang tua dan remaja, akan memberi orang tua alat untuk membentuk pengalaman remaja mereka secara bermakna. Kami akan memiliki lebih banyak hal untuk dibagikan tentang ini dalam beberapa bulan mendatang.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia