Ini Cara-Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Terdapat lebih dari 30 juta episode di seluruh dunia dengan lebih dari 20 persen pengguna Spotify di Indonesia mendengarkan podcast setiap bulan, lebih tinggi dari rata-rata global. - Spotify
29 September 2021 09:27 WIB Jessica Gabriela Soehandoko Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Banyak pekerjaan online yang dapat menghasilkan uang dari memanfaatkan internet.

Hal ini cocok bagi Anda yang ingin bekerja di mana saja, ataupun memerlukan pekerjaan tambahan untuk mendanai perjalanan hiburan Anda setelah Covid selesai, atau untuk mencukupi keperluan lainnya.

Selain itu, dampak dari pandemi membuat banyak pekerjaan yang dibuka terutama untuk online. Sistem pembelajaran ataupun lainnya juga beralih secara digital sehingga dapat menjadi peluang bagi Anda.

Untuk lebih lanjutnya, berikut 14 cara yang dapat Anda lakukan yang dilansir dan dirangkum dari Forbes (25/03/20).

1. Jual Foto Anda

Jika Anda memiliki keterampilan memotret dan tempat tinggal Anda memiliki banyak tempat yang dapat difoto, Anda dapat menjual foto Anda ke salah satu platform yang kemudian dapat memungkinkan editor majalah, desainer atau organisasi untuk membeli foto Anda.

2. Buat video panduan

Youtube dalam beberapa tahun terakhir telah berkembang menjadi tempat untuk video paduan ataupun kursus lainnya. Anda dapat membebankan biaya berlangganan untuk paduan lebih lanjut.

3. Menjadi copywriter

Copywriting dapat menjadi peluang yang baik terutama untuk pemasaran. Salah satu manfaat menjadi copywriter lepas adalah Anda dapat mendapatkan bayaran dalam bentuk dolar, dan dapat bekerja di mana saja.

4. Mengajar menjadi guru

Anda dapat mengajar ilmu contohnya seperti mengajar bahasa, untuk anak-anak ataupun orang dewasa. Anda dapat mengajarkan secara online dan dapat mengajar di mana saja. Anda juga dapat mendaftar pada situs yang mencari guru secara online seperti course ataupun Anda dapat membantu untuk menyiapkan materi

5. Buatlah podcast yang sesuai dengan minat Anda

Jika anda merasa podcast adalah hal yang unik, Anda dapat membahas mengenai hal yang Anda suka. Anda juga dapat mengunggahnya sekali dalam seminggu dan dapat membuat durasi yang pendek jika Anda masih belum terbiasa. Melalui podcast, Anda bisa mendapatkan sponsor komersial produk atau mengiklankan produk Anda sendiri

6. Mendirikan bisnis konten dan pengembangan web

Jika Anda tahu pengembangan web dan konten, Anda dapat menawarkan layanan ini sehingga web menjadi lebih indah. Beberapa sumber lainnya yakni WordPress, Weebly dan Joomla.

7. Dropship

Dropship adalah metode ritel di mana penjual tidak perlu memiliki persediaan barang dan Anda dapat membelinya dari pihak ketiga. Nantinya, pihak ketiga akan langsung memberikan barang kepada pelanggan Anda, dan Anda akan mendapatkan keuntungan dari harga yang Anda jual.

8. Menjadi proofreader freelance

Proofreading adalah karier online yang menguntungkan lainnya. Kebanyakan agensi akan membayar sekitar 25 persen dari harga dokumen yang diterjemahkan ke korektor. Biasanya, agen mengenakan biaya sekitar US$75 untuk terjemahan dokumen bisnis standar lima halaman. Anda dapat bekerja penuh waktu, paruh waktu atau sepanjang waktu.

9. Jasa transkrip

Jika Anda dapat memiliki kecepatan mengetik yang cukup cepat, Anda dapat menawarkan jasa transkrip audio. Anda dapat dibayar berdasarkan lamanya durasi dan bukan berdasarkan jam kerja.

10. Membuat blog

Anda dapat membuat blog yang membahas pengalaman Anda, keahlian Anda, perjalanan Anda dan lain lainnya. Semakin spesifik yang Anda jelaskan, maka akan semakin mudah untuk menarik audiens dan menghasilkan yang dengan situs Anda.

11. Bisnis E-Book

Bisnis e-book adalah cara yang baik untuk mendapatkan uang. Anda dapat membuatnya sendiri atau menerbitkan dalam bentuk cetak dan berikan lisensi untuk diterbitkan secara online. Anda juga dapat membayar penulis sebesar 8-15 persen royalti berdasarkan penjualan bersih atau pembayaran satu kali untuk hak penerbitan online.

12. Menjadi konseling

Jika Anda dapat membantu orang untuk berfokus pada tujuan pribadi dan profesional, Anda dapat menawarkan jasa tersebut. Anda dapat menemukan ribuan program pelatihan online tentang cara menjadi pelatih kehidupan, dan banyak program sertifikasi menawarkan pengaturan situs web secara keseluruhan setelah pelatihan selesai

13. Menjadi narator

Buku dengan audio menjadi bentuk hiburan yang semakin populer. Hal ini menciptakan banyaknya permintaan untuk narator lepas dan Anda dapat mempelajari cara untuk menjadi narrator buku audio dari berbagai situs.

14. Riset dan Survei Internet

Cara lain untuk menghasilkan banyak uang adalah dengan menjelajahi Internet di waktu luang Anda atau mengisi survei online. Anda dapat mengakses situs survey seperti SurveyBods, Survey Junkie dan Valued Opinions.

Sumber : JIBI/Bisnis.com