Simak! Fakta Tesla Bot, Robot AI Buatan Elon Musk

Spesifikas Tesla Bot. - Tesla
07 Oktober 2021 06:47 WIB M. Richard Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Konglomerat Elon Musk memamerkan Tesla Bot, prototipe robot berbentuk manusia yang memiliki teknologi kecerdasan buata atau artificial intelligence (AI). 

Sebagaimana diketahui, produk berbasis AI merupakan suatu hal yang sangat melekat pada konglomerat teknologi asal Amerika Elon Musk melalui Tesla Inc. 

Selain mobil listrik, Tesla bisa dibilang menjadi pionir dalam mengenalkan mobil otonom atau yang memanfaatkan AI untuk dapat beroperasi tanpa bantuan manusia. 

Terkait Tesla Bot, berikut fakta-fakta yang sejauh ini berhasil dikumpulkan Bisnis.

1. Bergerak Fleksibel

Dalam channel Youtube CNET Highlights, Robot ini nampak dapat bergerak dengan sangat lincah. Meski pada penampakan awal berjalan kaku, tetapi secara mengejutkan robot ini langsung dapat menari selayaknya profesional.

Gerakan bahu, jari, siku tangan, lutut, pinggul, dan pergelangan kaki Tesla bot terlihat sangat natural, yang mengartikan kordinasi dari setiap anggota tubuhnya sangat menyerupai tubuh manusia.

Namun perlu dicatat bahwa, semua hal tersebut adalah peragaan dari seorang penampil yang mengenakan kostum layaknya Tesla Bot. Robot yang sebenarnya masih dalam bentuk konsep yang akan segera hadir.

2. Namanya Optimus

Meski judul dari video adalah Tesla Bot, tetapi ternyata Elon memberikan nama Optimus kepada robot ini. Elon Musk memamerkan robot berbentuk manusia ini kepada publik di Tesla AI Day yang dilaksanakan pada 19 Agustus 2021.

3. Teknologi yang sama dengan Mobil Tesla

Robot ini pun akan dilengkapi banyak sensor, baterai, dan banyak aktuator yang memudahkan pergerakannya. Tesla Bot kabarnya akan menggunakan sistem AI serupa dengan mobil Tesla. 

Nantinya Tesla Bot akan memilik layar di kepala untuk menampilkan informasi dan juga perintah yang tengah dijalankan. Artinya robot ini akan dapat menerima perintah langsung dari manusia. 

4. Membantu orang

Elon memastikan, robot ini ditujukan untuk membantu dan meringankan tugas manusia. Dia bahkan memastikan, robot ini meringankan bukan menggantikan peran manusia.

Bahkan, robot ini akan dibuat ramah dalam menjalankan semua tugasnya. Optimus nantinya akan bertugas mengatasi bahaya, repitisi dan kebosanan dari tugas sehari-hari manusia. 

"Tentunya robot ini akan dibuat ramah terhadap manusia," sebutnya.

5. Meluncur tahun depan dengan harga kompetitif

Menariknya,Elon memastikan tidak membutuhkan waktu lama lagi untuk meluncurkan robot ini. Meski dalam tahap perancangan, Elon cukup yakni robot ini akan siap diproduksi pada 2022. 

Robot ini sendiri dijanjikan tidak memiliki harga yang terlalu mahal. Tesla Bot diharapkan bisa membantu kinerja manusia untuk meningkatkan kesejahteraan bagi manusia. Ke depannya, pekerjaan manusia akan terbantu dengan kehadiran Tesla Bot.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia