Beli Ponsel Baru, Apakah Perlukah Diasuransi?

Pengunjung mencoba handphone OPPO Reno3 saat unboxing seri Reno3 di Jakarta, Senin (16/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti\\n
18 Oktober 2021 10:17 WIB Denis Riantiza Meilanova Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Di era teknologi saat ini, smartphone menjadi salah satu barang yang tidak pernah lepas dari genggaman karena sangat membantu mempermudah kehidupan sehari-hari. Lantas, perlukah asuransi untuk smartphone?

Karena fungsinya yang serbaguna, smartphone merupakan salah satu barang yang sangat dijaga agar tetap awet. Namun, risiko smartphone jatuh atau rusak seringkali tak terhindarkan.

Risiko kerugian akibat kerusakan atau kehilangan ponsel pintar kini dapat diantisipasi dengan adanya asuransi smartphone. Asuransi ini dapat meningkatkan rasa aman dan tenang ketika memakai smartphone karena telah terlindungi dari berbagai risiko yang mungkin terjadi.

"Kerusakan smartphone tentunya akan berdampak pada banyak aspek kehidupan karena dibutuhkan di segala aktivitas harian kita. Untuk itu, perlindungan smartphone yang tepat dan menyeluruh sangat diperlukan," ujar Theresia Ateng, VP of Direct to Customer perusahaan insurtech Qoala melalui siaran pers, dikutip Minggu (17/10/2021).

Berikut 3 alasan pentingnya proteksi smartphone seperti dikutip dari Qoala:

1. Perlindungan smartphone dari kerusakan layar

Layar merupakan bagian yang paling rentan retak atau pecah ketika terjatuh yang berdampak pada kenyamanan dan produktivitas seseorang ketika menggunakan smartphone. Biaya perbaikan yang perlu dikeluarkan untuk mengganti spare part layar atau LCD pun tidak murah.

Lebih parahnya, ketika smartphone mengalami benturan atau goresan yang parah, hal tersebut bisa berakibat pada kerusakan lanjutan pada motherboard. Dengan adanya asuransi smartphone, Anda bisa mendapatkan jaminan perlindungan apabila perangkat mengalami kerusakan.

2. Proteksi menyeluruh dan terjamin

Sebagai pelengkap aktivitas sehari-hari, smartphone juga berpotensi mengalami kerusakan karena kejadian tak disengaja, baik kerusakan sebagian ataupun total.

Asuransi smartphone memungkinkan Anda memiliki ketenangan pikiran dengan menyediakan manfaat jaminan berupa perbaikan smartphone bahkan penggantian unit smartphone baru.

3. Tidak perlu menguras tabungan untuk biaya servis

Selayaknya perlindungan yang diberikan oleh produk asuransi lain, asuransi smartphone juga memberikan keuntungan ketika Anda melakukan klaim pada kerusakan atau kehilangan.

Tanpa perlu mengeluarkan uang banyak, asuransi smartphone akan memberikan manfaat perbaikan atau penggantian unit hingga menyediakan layanan antar jemput smartphone di manapun Anda berada untuk diperbaiki dan kemudian diantarkan kembali.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia