Advertisement

Begini Trik Mendapatkan Uang dari Podcast

Jessica Gabriela Soehandoko
Selasa, 19 Oktober 2021 - 16:27 WIB
Budi Cahyana
Begini Trik Mendapatkan Uang dari Podcast Podcast di Indonesia akan terus menjadi fokus perusahaan dan mereka berharap ke depan dapat bekerja sama dengan lebih banyak kreator lokal. - Spotify

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Popularitas podcast terus meningkat dan punya potensi mendatangkan banyak uang.

Menurut The Podcast Consumer 2019, berdasarkan dari laporan Edison Research dan Triton Digital, penonton podcast telah tumbuh secara signifikan selama setahun terakhir.

Advertisement

Berdasarkan laporan, sebanyak 51 persen orang Amerika berusia 12 tahun ke atas mengatakan pernah mendengarkan podcast sebelumnya. 32 persen melaporkan telah mendengarkan satu dalam sebulan terakhir dan 22 persen mendengar satu dalam seminggu terakhir.

Bukan hanya podcast besar, podcast kecil dapat menghasilkan uang melalui berbagai aliran pendapatan yang berbeda. Hal ini meliputi afiliasi, crowdfunding, menjual barang dan hosting secara langsung.

Podcast kini juga telah didukung oleh platform besar seperti Spotify dan Apple, sehingga memungkinkan pengguna untuk mengunggah karya mereka, dan dapat membantu membangun dan menarik lebih banyak pengiklan.

Berikut beberapa cara untuk menghasilkan uang dari podcast yang dilansir dari Thebalancesmb (5/2/2021).

1. Iklan

Iklan merupakan salah satu cara yang paling efektif dalam menghasilkan pendapatan. Anda memang memerlukan waktu untuk membangun audiens yang menarik perhatian pengiklan yang potensial. Iklan tersebut dapat terjadi antara merek dengan podcast, atau dengan menggunakan agensi, atau marketplace.

2. Afiliasi

Afiliasi adalah aliran pendapatan umum lainnya untuk podcaster. Host dapat menyebutkan sebuah produk di acara mereka dan memberikan para pendengar sebuah tautan dalam diskon tertentu. Pihak podcast kemudian akan menerima presentasi dari setiap penjualan melalui link tersebut.

3. Crowdfunding

Platform ini memungkinkan pelanggan untuk memilih tingkat donasi untuk berbagai fasilitas, seperti konten eksklusif atau akses awal ke episode.

Beberapa cara tersebut lebih menguntungkan secara finansial dengan audiens yang lebih besar. Oleh karena itu, Anda juga perlu memerlukan riset untuk mengetahui konten apa yang disukai oleh masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bantuan Keuangan Politik Disalurkan Dua Tahap

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement