Advertisement

Ramah Lingkungan, Laptop Ini Terbuat Daur Ulang Plastik

Newswire
Rabu, 27 Oktober 2021 - 07:57 WIB
Sunartono
Ramah Lingkungan, Laptop Ini Terbuat Daur Ulang Plastik Foto ilustrasi laptop. - Antara.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Penggunaan sampah daur ulang plastik diterapkan pada peralatan persconal computer (PC) seperti laptop sebagai salah satu misi keberpihakan terhadap lingkungan. Selain itu penggunaan daur ulang diklaim menjadikan produk lebih awet. Adalah Aspire Vero, PC yang dinilai ramah lingkungan diluncurkan oleh Acer karena sebagian besar bahan bakunya menggunakan daur ulang plastik atau plastik post-consumer recycled (PCR).  

Head of Marketing Acer Indonesia Fransisca Maya menjelaskan ebagian besar komponen Aspire Vero terbuat dari material yang ramah lingkungan. Pada bagian sasis, menggunakan plastik PCR sekitar 30 %, sementara pada bagian keyboard terdapat 50 % elemen plastik PCR yang menghemat sekitar 21 % emisi lingkungan dari penggunaan plastik murni. Selain itu, 99 %panel layarnya terbuat dari panel yang dapat didaur ulang. Kotak kemasan juga terbuat dari kertas daur ulang. Menurutnya PC ini termasuk dengan elemen daur ulang paling banyak di kelasnya. 

Advertisement

BACA JUGA : Ini Dia Laptop Baru Asus yang Lebih Powerful 

“Material laptop maupun kemasannya terbuat dari material daur ulang serta dilengkapi fitur khusus penghematan energi. Kotak kemasan laptop ini 85 persen terbuat dari kertas daur ulang dengan tinta dari kedelai dan setelah digunakan kotak kemasan ini dapat sepenuhnya didaur ulang,” terangnya, Selasa (26/10/2021).

Integrasi material plastik PCR secara menyeluruh sehingga mendukung keutuhan desain. Desain ramah lingkungan laptop ini dapat dilihat dari tombol R dan E yang diposisikan berlawanan untuk mengingatkan pengguna terhadap proses daur ulang tersebut.

“Struktur honeycomb pada chassis menghasilkan kerangka yang lebih kuat, permukaan lapisan bertekstur bebas cat menjadikan sangat lembut. Sedangkan untuk aksen kuning unik yang dihasilkan dari proses daur ulang dan bermakna ajakan untuk mengurangi polusi,” katanya.

BACA JUGA : Ini Dia Laptop Premium Asus dengan Kecanggihan Layar OLED

Ia menambahkan selain dari sisi material, keberpihakan pada lingkungan diwujudkan dalam fitur khusus software VeroSense yang membuat usia baterai lebih lama sehingga hemat listrik. PC ini tetap mengedepankan performa unggulan memakai prosesor penuh tenaga, yakni Intel Generasi ke-11 dan grafis Intel Xe, dengan dukungan sistem operasi Windows 11 terbaru.

"Di Indonesia, wujud nyata lain yang kami inisiasi adalah ajakan Green Deeds untuk anak-anak muda melalui media sosial. Kami berharap ajakan kami untuk ikut menjaga bumi, ramah lingkungan ini mendapat respons positif dari masyarakat Indonesia," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement