Facebook Ganti Nama Jadi Meta, Ini Perubahannya

Meta dan Mark Zuckerberg - facebook
29 Oktober 2021 16:07 WIB Mia Chitra Dinisari Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Facebook  berubah nama menjadi Meta. Untuk pertama kalinya dalam 17 tahun, Mark Zuckerberg juga punya jabatan baru. Dia secara resmi menjadi CEO dan Chairman Meta, nama perusahaan induk baru untuk Facebook tersebut.

Pendiri Facebook Mark Zuckerberg menjelaskan lengkap perubahan apa yang terjadi menyusul dengan penggantian nama tersebut.

Dia menyebut Meta merupakan bab berikutnya untuk perusahaannya. 

Dia mengatakan platform berikutnya ini akan lebih mendalam, dimana internet yang diwujudkan di mana Anda berada dalam pengalaman, bukan hanya melihatnya.

"Kami menyebutnya metaverse, dan ini akan menyentuh setiap produk yang kami bangun. Kualitas metaverse yang menentukan adalah perasaan kehadiran -- seperti Anda berada di sana dengan orang lain atau di tempat lain. Merasa benar-benar hadir dengan orang lain adalah impian utama teknologi sosial. Itulah sebabnya kami fokus untuk membangun ini. Di metaverse, Anda akan dapat melakukan hampir apa pun yang dapat Anda bayangkan berkumpul dengan teman dan keluarga, bekerja, belajar, bermain, berbelanja, membuat -- serta pengalaman yang benar-benar baru yang tidak benar-benar sesuai dengan bagaimana kita berpikir tentang komputer atau ponsel toda Y. Kami membuat sebuah film yang mengeksplorasi bagaimana Anda mungkin menggunakan metaverse suatu hari," papar Zuckerberg.

Berikut beberapa perubahan dan layanan terbaru dari Meta tersebut berdasarkan pernyataan langsung dari Mark Zuckerberg :

1 . Di masa depan, Anda akan dapat teleport secara instan sebagai hologram untuk berada di kantor tanpa komut, di konser bersama teman-teman, atau di ruang tamu orang tua Anda untuk mengejar ketinggalan. Ini akan membuka lebih banyak kesempatan di mana pun Anda tinggal. Anda akan dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk apa yang penting bagi Anda, mengurangi waktu dalam lalu lintas, dan mengurangi jejak karbon Anda.

2. Metaverse tidak akan diciptakan oleh satu perusahaan. Ini akan dibangun oleh para kreator dan pengembang membuat pengalaman baru dan item digital yang dapat dioperasikan dan membuka ekonomi kreatif yang lebih besar daripada yang terkendala oleh platform hari ini dan kebijakan mereka.

3. Privasi dan keamanan perlu dibangun ke metaverse sejak hari pertama. Jadi lakukan standar terbuka dan interoperabilitas. Ini akan membutuhkan bukan hanya pekerjaan teknis novel seperti mendukung proyek kripto dan NFT di masyarakat tetapi juga bentuk-bentuk tata kelola baru. 

4. Kami berencana menjual perangkat kami dengan biaya atau bersubsidi untuk membuatnya tersedia bagi lebih banyak orang. Kami akan terus mendukung side-loading dan streaming dari PC sehingga orang-orang memiliki pilihan, daripada memaksa mereka menggunakan Quest Store untuk mencari aplikasi atau menjangkau pelanggan. Dan kami akan bertujuan untuk menawarkan jasa pengembang dan kreator dengan biaya rendah dalam sebanyak mungkin sehingga kami dapat memaksimalkan ekonomi kreatif secara keseluruhan. Kita harus memastikan bahwa kita tidak kehilangan terlalu banyak uang di sepanjang perjalanan.
Harapan kami adalah dalam satu dekade ke depan, metaverse akan menjangkau satu miliar orang, meraup ratusan miliar dolar. 

5. Kami sekarang melihat dan melaporkan bisnis kami sebagai dua segmen yang berbeda: satu untuk keluarga aplikasi kami dan satu untuk pekerjaan kami di platform masa depan. Pekerjaan kami di metaverse bukan hanya salah satu dari segmen ini. Metaverse mencakup pengalaman sosial dan teknologi masa depan. Saat kita memperluas visi kita, saatnya kita mengadopsi merek baru.

6. Misi kita tetap sama, masih tentang menyatukan orang-orang. Aplikasi kami dan merek mereka juga tidak berubah. Kami masih perusahaan yang merancang teknologi di sekitar orang-orang.

7. Mulai sekarang, kita akan menjadi metaverse-first, bukan Facebook-first. Itu berarti bahwa seiring waktu Anda tidak akan memerlukan akun Facebook untuk menggunakan layanan kami yang lain. Saat merek baru kami mulai muncul di produk kami, saya berharap orang-orang di seluruh dunia mengetahui merek Meta dan masa depan yang kami perjuangkan.

Sumber : JIBI/Bisnis.com