Ini Cara Menyiasati Akun Gmail yang Kehabisan Kapasitas Penyimpanan

Ilustrasi Gmail - JIBI/Bisnis.com
31 Oktober 2021 23:57 WIB Mia Chitra Dinisari Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pengguna Gmail yang sudah lama kerap mendapat notifikasi ruang penyimpanan yang hampir habis. Dilansir dari Washington Pos, mengosongkan ruang dengan beberapa alat Google yang tersembunyi adalah solusinya.

Ada dua opsi yang ditawarkan. Bayar untuk penyimpanan lebih banyak atau gunakan lebih sedikit.

Google menawarkan tiga opsi penyimpanan bayar sebesar 100 GB seharga US$1,99 atau Rp28.000an per bulan, 200 GB seharga US$2,99 atau Rp42.000an per bulan, atau 2.000 GB seharga US$9,99 per bulan atau Rp141.000an. 

Jika tak ingin membayar, pengguna Gmail bisa menghapus file foto dan video berukuran besar.

Halaman pengelolaan penyimpanan ini membantu mengelompokkan foto dan video berukuran besar serta foto dan tangkapan layar buram sehingga Anda dapat menghapusnya dengan mudah. 

Jika itu tidak berhasil, buka halaman ini dan periksa apakah ada email yang dihapus, email spam, lampiran email besar, atau email besar lainnya. file untuk dibersihkan.

Anda dapat melalui proses yang sama ini dari perangkat seluler dengan menggunakan aplikasi Google One, yang tersedia di Google Play Store dan Apple App Store.

Berhati-hatilah sebelum Anda menghapus file secara massal, terutama lampiran. Jangan sampai data penting Anda terbuang begitu saja.

Jika penyimpanan akun Google Anda penuh dan Google Foto adalah penyebabnya, Anda bisa pakai opsi penyimpanan cloud yang berbeda untuk foto dan video Anda. Tetapi Anda juga akan mengalami masalah yang sama karena harus membayar untuk penyimpanan ekstra.

Jika Anda menggunakan perangkat Apple dan sudah menyimpan data di iCloud, langkah Anda sudah benar. Apple mengenakan biaya US$0,99 per bulan untuk penyimpanan 50 GB pada paket langganan iCloud+, US$2,99 untuk 200 GB, dan US$9,99 untuk 2.000 GB. Anda dapat membeli lebih banyak penyimpanan untuk akun iCloud Anda dari iPhone atau iPad dengan membuka Pengaturan > Nama Anda > iCloud > Kelola Penyimpanan atau Penyimpanan iCloud. Di komputer Mac, buka menu Apple > Preferensi Sistem > ID Apple > iCloud > Kelola (di pojok kanan bawah).

Selain itu, ada juga ada Dropbox yang menawarkan opsi penyimpanan terbesar, dengan paket “Profesional” 3.000 GB seharga $19,99 per bulan.

Dan OneDrive Microsoft memiliki paket Microsoft 365 pribadi dan keluarga, keduanya hadir dengan 1.000 GB per orang, bersama dengan aplikasi Office seperti Word dan Excel. Paket pribadi adalah $6,99 per bulan, dan paket keluarga adalah $9,99 per bulan untuk maksimal enam orang.

Sumber : JIBI/Bisnis.com