Advertisement

Viral Foto Rektor ITB Dijual Sebagai NFT

Yuliana Hema
Jum'at, 12 November 2021 - 01:37 WIB
Budi Cahyana
Viral Foto Rektor ITB Dijual Sebagai NFT Rektor ITB Reini D Wirahadikusumah. - istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Foto Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Reini Wirahadikusumah muncul di platform perdagangan non-fungible token (NFT) dan viral di media sosial.

Ada dua foto aset digital dari Rektor ITB yang dijual lewat platform OpenSea. Foto pertama memperlihatkan Rektor mengenakan kaus berwarna kuning dengan jas almamater ITB dengan nama Ibu Rektor Tercinta #1.

Advertisement

Sementara, foto kedua merupakan foto medium close up sang Rektor dengan baju putih dibalut dengan jaket almamater ITB yang berwarna biru. NFT kedua ini dinamai Ibu Rektor Tercinta #2.

Kedua foto ini dijual oleh akun ITB1920 pada enam bulan lalu atau sekitar Mei lalu. Akun ini menjual kedua aset foto NFT rektor ITB dengan menggunakan tagar #ReiniOut.

Diduga aksi ini merupakan bentuk protes. Dalam deskripsinya, akun ITB1920 menggambarkan aset NFT foto Prof Reini sebagai sosok ibu yang meninggalkan anak-anaknya.

"Namun apa yang kulihat nyatanya berbeda. Ibuku mengelak saat diajak bicara, ibuku lebih memilih tersenyum pada dunia dan berpaling dari anaknya. Menganggap kita tiada, menganggap kita bukan manusia nyata. Materiku diambil tanpa terasa berguna, aku merasa hampa," tulis akun ITB1920, dikutip Kamis (11/11/2021).

Sampai saat ini, belum ada yang membeli salah satu dari aset NFT ini. Namun, ada penawaran pada oleh akun bernama Youtube_Cepod_ Kripyo pada NFT Ibu Rektor Tercinta #1 seharga 0,001 ETH atau senilai US$4,73.

Sebagai gambaran, non-fungible token atau NFT adalah bagian dari sebuah teknologi blockchain yang digunakan dalam pengembangan aset kripto dan dapat diperdagangkan. NFT juga dapat mewakili sebuah objek seperti seni, musik dan sejenisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement