Advertisement

Sebulan, Pengguna Smartphone di Indonesia Habiskan 17,7 GB

Newswire
Senin, 27 Desember 2021 - 10:27 WIB
Jumali
Sebulan, Pengguna Smartphone di Indonesia Habiskan 17,7 GB Ilustrasi. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Perusahaan analitik seluler global, Opensignal dalam melaporkan pasar ponsel di Indonesia didominasi pengguna prabayar.

Analisis tersebut juga menemukan rata-rata pengguna smartphone menggunakan kuota internet antara 14,6 hingga 17,7 GB per bulan.

Advertisement

Pengguna seluler di Indonesia juga bisa dengan mudah mengganti operator ponsel yang digunakan apabila tidak memuaskan. Ini memunculkan tekanan kompetitif kepada para operator seluler untuk memberikan layanan terbaik kepada pengguna. 

Opensignal menemukan sekitar 1/3 pengguna ponsel yang berpindah operator merupakan pengguna bernilai tinggi yang harus dipertahankan agar dapat terus menjadi pelanggan pada jangka panjang. 

Untuk pengguna data, Indosat adalah yang tertinggi, diikuti 3, Telkomsel, XL, dan Smartfren. Rata-rata pengguna yang berganti operator seluler adalah menggunakan data seluler lebih dibandingkan pengguna lainnya di seluruh lima jaringan. 

"Data kami menunjukkan sekitar sepertiga dari pengguna kami yang berganti operator seluler (leavers) menggunakan data seluler dalam jumlah besar," tulis Opensignal dalam keterangan persnya dilansir Minggu (26/12/2021). 

Sementara itu, sebagian besar Leavers lainnya rata-rata mengkonsumsi sangat sedikit data. Karena pengguna yang menggunakan data lebih tinggi akan menghabiskan lebih banyak waktu dengan operator seluler. 

Perusahaan menganalisa operator perlu meningkatkan pengalaman jaringan seluler agar dapat mempertahankan pelanggan bernilai tinggi dan menarik pelanggan pesaing mereka. 

"Kami menemukan Telkomsel dan XL banyak kehilangan pangsa pengguna yang menggunakan data seluler dalam jumlah besar dibandingkan dengan Indosat, 3, dan Smartfren." kata Opensignal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement