Advertisement

Sinyal Ponsel Lelet saat Hujan, Ini Penjelasannya

Newswire
Selasa, 04 Januari 2022 - 09:07 WIB
Jumali
Sinyal Ponsel Lelet saat Hujan, Ini Penjelasannya Ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pernah mengalami sinyal ponsel tiba-tiba lemot saat hujan? Jangan langsung salahkan provider internet mu, ya. Karena keberadaan hujan memang sangat mempengaruhi pancaran sinyal ke ponsel.

Awal mulanya karena sinyal pada ponsel didapat dari menara pemancar sinyal atau Base Transceiver Station (BTS). Fungsi dari menara tersebut memang untuk mengirimkan sinyal ke ponsel.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Tanda bar yang ada pada layar ponsel menunjukkan seberapa kuat sinyal yang dipancarkan dari menara ke ponsel, setelah proses registrasi dinyatakan selesai dan datanya valid.

Saat terjadi hujan, pancaran hujan dari menara ke ponsel bisa terganggu karena terpotong aliran air dari langit. Semakin deras hujan, maka gangguan pancaran sinyal juga bisa makin terganggu.

Singkatnya, keadaan cuaca yang tidak bagus berdampak pada kecepatan pengiriman koneksi data seluler dari menara pemancar ke ponsel.

Butiran air hujan itu menyebabkan gelombang sinyal berganti arah. Sehingga panjang gelombang berkurang dan frekuensinya melemah. 

Apabila hujan disertai dengan angin kencang, ada kemungkinan gangguan distribusi sinyal gelombang makin besar. Akibatnya, sinyal ponsel termasuk koneksi internet makin buruk.

Kondisi itu terjadi karena saat angin bertiup kencang, bisa saja terjadi pergeseran antena atau kabel yang ada di menara BTS.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Perempuan Bangsa DIY Tolak Politik Uang dan SARA di Pemilu 2024

Bantul
| Rabu, 07 Desember 2022, 03:27 WIB

Advertisement

alt

Menyantap Kuliner Khas Sambil Menjelajahi Wisata Alam di Curug Gedhe Gunungkidul

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 05:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement