Advertisement

Aplikasi di Android yang Bantu Penyandang Disabilitas

Newswire
Minggu, 09 Januari 2022 - 02:27 WIB
Jumali
Aplikasi di Android yang Bantu Penyandang Disabilitas Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Ponsel pintar atau Smartphone berbasiskan Android tetap bisa diakses oleh para penyandang disabilitas. Guna membantu mereka mengoperasikan perangkatnya, Google Play pun menyediakan sejumlah aplikasi penunjang.

Sedikitnya ada 3 aplikasi yang dapat membantu penyandang disabilitas menggunakan ponsel pintar OS Android, yakni Action Blocks, Transkripsi Instan, dan Amplifier Suara.

Advertisement

Action Blocks

Aplikasi Action Blocks menyediakan akses mudah untuk melakukan tindakan-tindakan rutin melalui satu tombol yang dapat disesuaikan di layar utama.

Penggunanya cukup meluncurkan Action Blocks dan memilih aktivitas bermanfaat yang sudah tersedia. Kemudian, pengguna juga dapat menyiapkan tindakannya sendiri, memilih gambar untuk tombolnya, dan tinggal meletakkannya di layar utama.

Action Blocks sangat membantu penyandang disabilitas kognitif agar bisa lebih mudah melakukan kegiatan sehari-hari, seperti menghubungi seseorang lewat panggilan video.

Transkripsi Instan

Di Transkripsi Instan tersaji teks dari audio yang memungkinkan percakapan sehari-sehari antara orang yang tidak bisa mendengar, mengalami gangguan pendengaran, dan pendengaran normal.

Terdapat fitur yang memiliki kemampuan untuk membuat ponsel bergetar saat nama pengguna disebut. Fitur ini membantu memahami ketika penggunanya dipanggil.

Amplifier Suara

Aplikasi ini bisa bikin audio di smartphone lebih jernih. Oleh karenanya sangat membantu bagi seseorang yang pendengarannya terbilang lemah. Penggunanya pun bisa mengatur preferensi audio sesuai keinginan mereka, termasuk digunakan sebagai amplifier portable dengan headphone bluetooth.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Kamis 25 April 2024: Kasus Penggelapan Pajak hingga Sosialisasi Tol Jogja-YIA

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement