Playstation VR 2 Jadi Bekal Sony Masuk Dunia Metaverse

Playstation VR. - Ilustrasi/blog.eu.playstation.com
09 Januari 2022 16:27 WIB Akbar Evandio Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Sony menyebut perangkat headset realitas virtual (virtual reality/VR) terbaru akan diberi nama PSVR 2 (PlayStation VR 2). Perangkat ini bakal membawa pemain PS5 lebih dalam memasuki dunia metaverse.

Dikutip melalui postingannya di blog resmi PlayStation, perangkat yang secara eksklusif hanya digunakan untuk PS5 ini menjanjikan akan membawa pemain ke level yang baru, dan headset tersebut punya peningkatan spesifikasi yang sangat signifikan, yang akan memberikan kesempatan bagi para pemain untuk masuk lebih dalam ke dunia game.

VR2 Sense controller juga dilengkapi dengan haptic feedback dan adaptive trigger, sama seperti DualSense. Menurut Sony, fitur ini bakal meningkatkan sensasi rasa untuk para pemain.

Soal spesifikasi, PSVR 2 ini tak sekadar bisa memanfaatkan kemampuan hardware PS5, melainkan juga peningkatan spesifikasi yang signifikan, seperti resolusi layar yang lebih tinggi (2000 x 2040 pixel untuk setiap mata, atau total 4000 x 2040 pixel), refresh rate 90/120Hz, dan panel OLED untuk layarnya, yang juga mendukung HDR dan field of view 110 derajat.

PSVR 2 juga bisa mendeteksi gerakan penggunanya, baik di dalam maupun di luar headset. Artinya, perangkat ini bisa mendeteksi gerakan mata penggunanya, dan juga mendeteksi gerakan tangan lewat controller tanpa memerlukan kamera eksternal.

Sensor pendeteksi gerakan mata ini bisa menjadi input tambahan untuk karakter dalam game. Misalnya pemain bisa berinteraksi dengan lebih intuitif dan lebih nyata.

Sony pun mengungkap kalau franchise game populer andalan PlayStation juga akan hadir di PSVR 2, yang berjudul Horizon Call of the Mountain from Guerrilla and Firesprite.

Sumber : JIBI/Bisnis.com