Tak Harus Lewat Chat, Ini Cara Tahu WhatsApp Kamu Diblokir

Ilustrasi. - Freepik
10 Januari 2022 07:27 WIB Newswire Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Cara mengetahui WhatsApp diblokir tanpa chat ternyata cukup mudah. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Fitur blokir acap digunakan pengguna WhatsApp untuk menghindari kontak yang dianggap mengganggu. Umumnya, seseorang mengetahui WhatsApp-nya diblokir melalui chat dengan pengguna lain.

Cara tahunya mudah, bahwa pesan yang terkirim hanya akan ditandai dengan centang satu.
Apabila seseorang memblokir pengguna WhatsApp lain, kontak yang diblokir tidak akan menerima notifikasi. Hal itu membuat orang lain tidak sadar bahwa kontaknya telah diblokir. Tapi, ada beberapa indikasi yang bisa menjadi indikasi awal bahwa seseorang memblokir akun WhatsApp orang lain.

Berikut ini cara cek apakah seseorang memblokir WhatsApp kita atau tidak :

1. Last Seen dan Status Online

Perhatikan keterangan “last seen/terakhir dilihat” pada bagian kotak atas obrolan. Lihat pula status “online” di sisi atas apakah muncul atau tidak. Jika status last seen dan online tidak tampak, ada kemungkinan Anda diblokir.
Perlu diingat, beberapa pengguna WhatsApp menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tidak resmi atau disebut dengan WhatsApp Mod (modifikasi).
Salah satu aplikasi WhatsApp Mod yang populer adalah WhatsApp GB. Aplikasi WhatsApp tidak resmi itu bisa diatur untuk menyembunyikan status ”last seen” atau ”online”.
Sehingga, apabila akun yang Anda curigai memblokir Anda ternyata menggunakan WhatsApp GB, agaknya perlu menemukan petunjuk lain untuk memastikan.

2. Tidak Bisa Melihat Foto Profil

Umumnya, apabila seseorang memblokir akun WhatsApp orang lain, maka orang yang diblokir tidak bisa melihat foto profil orang yang memblokir.
Biasanya foto profil tersebut akan berganti dengan foto kosong seperti pengguna baru. Namun, hal itu perlu dipastikan lagi. Siapa tau, akun tersebut memang sedang tidak memasang foto profil. Kemungkinan lain, ia mengatur foto profil untuk ditampilkan di kontak saja, atau tidak seorang pun. Seperti diketahui, WhatsApp memiliki fitur untuk menyembunyikan foto profil.

3. Pesan Terikirim Hanya ”Centang Satu”

Anda dapat mencoba mengecek apakah orang lain memblokir akun WhatsApp Anda dengan cara mengirim pesan ke pengguna tersebut. Apakah chat yang Anda kirim menunjukkan centang satu? Jika iya, kemungkinan Anda telah diblokir.
Namun, bisa jadi saat Anda mengirim pesan, nomor yang bersangkutan sedang tidak tersambung ke internet atau ponsel sedang mati.

4. Panggilan Tidak Terhubung

Masih ragu dengan cuma mengirim pesan? Coba lanjutkan pengecekan dengan meneleponnya via WhatsApp. Jika panggilan tidak terhubung atau teralihkan, kemungkinan besar nomor WhatsApp Anda telah diblokir. Apabila setelah pengecekan Anda mendapati ciri-ciri nomor satu hingga empat, hampir bisa dipastikan bahwa nomor Anda telah diblokir kontak tersebut.