Advertisement

Tips Pilih Laptop untuk Desain Grafis

Newswire
Rabu, 12 Januari 2022 - 08:47 WIB
Jumali
Tips Pilih Laptop untuk Desain Grafis Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement


Harianjogja.com, JAKARTA - Desain grafis kini bukan lagi menjadi sebuah hobi, melainkan pekerjaan tetap. Dengan skill desain grafis yang masih jarang dikuasai seseorang, membuat peluang untuk mendapatkan passive income sangat besar.

Seorang desainer grafis wajib memiliki alat desain, laptop adalah salah satunya. Ternyata tidak semua laptop dapat digunakan untuk keperluan desain grafis.

Nah, berikut tips sebelum memilih laptop untuk desain grafis:

1. Layar

Untuk keperluan desain grafis, layar sangat penting untuk diperhatikan. Dengan memilih ukuran layar besar, memudahkan proses pengerjaan suatu desain. Minimal ukuran layar yang cocok untuk desain grafis adalah 1920 x 1080 (full HD).

Jenis layar biasanya mempengaruhi tingkat kenyamanan mata. Direkomendasikan untuk jenis layar monitor IPS. Salah satu keunggulan jenis layar IPS adalah mampu merealisasikan warna mendekati objek nyata.

2. Prosesor

Dalam menjalankan aplikasi-aplikasi software desain grafis yang cukup berat, tentu kita harus memilih prosesor yang bagus. Prosesor Intel sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya, kamu dapat menggunakan Intel Core i5 generasi ke-10 atau ke-11.

3. GPU

Agar hasil visual yang ditampilkan pada layar monitor maksimal, kamu tidak boleh sembarangan dalam memilih GPU.

Advertisement

Perlu digaris bawahi, carilah laptop dengan VGA tidak didalam on-board. Hal itu dikarenakan VGA on-board, akan berbagi kinerjanya dengan RAM laptop. Hal ini menyebabkan laptop menjadi lambat saat proses editing.

Untuk rekomendasi Graphic Card, kamu dapat memilih Nvidia GeForce dengan memori 2GB atau lebih.

4. RAM

Advertisement

Walaupun memiliki prosesor dan VGA bagus, akan terasa sia-sia jika mempunyai RAM 2GB, karena tidak akan mendapatkan performa yang baik.

Paling tidak kamu memiliki RAM 6GB atau 8GB dengan model DDR4. Usahakan laptop kamu juga memiliki slot RAM tambahan, agar dapat meng-upgrade saat ingin menambah kapasitas RAM.

5. Hardisk

Sebagai desainer grafis, tentu memerlukan penyimpanan yang cukup besar dalam menyimpan proyek-proyek dan software desain. Cukup disarankan untuk memilih SSD, dikarenakan mendapatkan kecepatan yang lebih cepat, dan tentu jauh lebih mahal.

Advertisement

Nah, itulah tips sebelum membeli laptop untuk desian grafis yang kamu inginkan. Jangan pernah sungkan untuk memilih kualitas yang bagus, jika kamu mempunyai dana yang lebih.

Sumber : Suara

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Dies Natalis Sanata Dharma ke-67, Dorong Semangat Persaudaraan

Sleman
| Senin, 03 Oktober 2022, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Perhatian! Sewa Jip di Tebing Breksi Bakal Naik Rp50.000 Mulai 1 November 2022

Wisata
| Minggu, 02 Oktober 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement