Advertisement

Jangan Salah, Ini Beda Bitcoin dan NFT

Jumali
Senin, 17 Januari 2022 - 15:37 WIB
Jumali
Jangan Salah, Ini Beda Bitcoin dan NFT Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Bagi sebagian orang, Bitcoin dan NFT dianggap hal yang sama. Padahal, keduanya adalah hal yang berbeda. Lalu apa perbedaan antara Bitcoin dan NFT?

NFT

Non-Fungible Token (NFT) adalah salah satu sebuah aset digital yang dapat mewakili objek dunia nyata, seperti karya seni lukisan, karya video yang berdurasi pendek, seni musik, hingga ada yang berupa item dalam game.

Advertisement

Selain itu, NFT juga merupakan salah satu jenis Blockhain. NFT NFT juga merupakan sebuah wadah untuk dapat melakukan jual beli secara online dan menggunakan pembayaran menggunakan cryptocurrency.

Bitcoin

Bitcoin adalah mata uang elektronik yang diciptakan pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Bitcoin tidak bergantung dengan lainnya. Bitcoin hanya bisa digunakan untuk melakukan transaksi online tanpa adanya perantara sama sekali.

Bitcoin juga menggunakan sistem peer-to-peer (P2P), yaitu sistem yang bekerja tanpa ada penyimpanan atau administrator tunggal. Sehingga bitcoin dan NFT tidak memiliki nilai yang sama.

NFT lebih cenderung menjadi platform investasi untuk jual beli atau perlelangan yang nantinya mendapatkan kode atau sertifikat sebagai investor pembeli atau penjual aset virtual digital tersebut. Sedangkan Bitcoin memiliki nilai yang bisa dikatakan sama dengan crypto lainnya sebagai alat transaksi di Blockhain.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Mau Liburan ke Solo? Cek Jadwal KRL Akhir Pekan Ini!

Jogja
| Sabtu, 28 Mei 2022, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Arti 4 Prasasti yang Tertempel di Tugu Jogja

Wisata
| Senin, 23 Mei 2022, 14:27 WIB

Advertisement

Advertisement