Advertisement

Canggih! Gerbang Ini Bisa Buka Sendiri Kalau Orang yang Lewat Taat Prokes

Sunartono
Jum'at, 28 Januari 2022 - 15:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Canggih! Gerbang Ini Bisa Buka Sendiri Kalau Orang yang Lewat Taat Prokes Penggunaan gerbang dengan teknologi kecerdasan buatan untuk memantau penerapan prokes. - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Kasus omicron di Indonesia terus merangkak naik, bahkan pada Kamis (27/1/2021) berada di angka 1.988 atau nyaris menyentuh 2.000 kasus secara nasional. Teknologi pun dibutuhkan untuk memperketat protokol kesehatan di tempat umum guna mencegah penularan. Salah satunya melalui pintu gerbang yang dibuat melalui teknologi kecerdasan buatan atau dikenal dengan intelligent gate.

Alat ini bisa ditempatkan di area pintu masuk fasilitas umum baik indoor maupun outdoor. Dilengkapi dengan kamera thermal, mampu mendeteksi suhu dan kelengkapan prokes seperti masker pengunjung. Seseorang yang akan melewati jika sudah memenuhi prokes maka pintu gerbang otomatis bisa terbuka. Sebaliknya mereka yang tidak memenuhi proses tidak akan diberikan akses masuk.

Advertisement

"Pengembangan alat ini dilakukan dalam upaya merespon penyebaran virus Covid-19 dan kebutuhan pendeteksi kelengkapan pekerja di beberapa sektor industri. Terutama saat ini sedang terjadi penularan omicron," kata CEO Widya Robotics Jogja Alwy Herfian Satriatama dalam keterangannya Jumat (28/1/2022).

Baca juga: Probable Omicron di DIY Bertambah 12 Kasus

Selain mendeteksi suhu dan penggunaan masker, alat ini juga bisa mengenali wajah untuk presensi kehadiran hingga kelengkapan helm, rompi, sarung tangan, kacamata, dan lain-lain. alat ini diharapkan dapat mengurangi tingkat penyebaran virus Covid-19 dan tingkat kecelakaan kerja di Indonesia

"Pengecekan tidak menyita waktu lama sehingga tidak menjadikan antrian yang panjang. Ini murni produk buatan dalam negeri," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Netralitas ASN dalam Pilkada Sleman 2024 Bakal Diawasi Ketat

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement