Advertisement

Hentikan Kebiasaan Tidur Dekat HP? Ini Bahayanya

Rahmi Yati
Minggu, 20 Februari 2022 - 11:47 WIB
Budi Cahyana
Hentikan Kebiasaan Tidur Dekat HP? Ini Bahayanya Ilustrasi wanita tidur nyenyak - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Saking pentingnya ponsel pintar dewasa ini, tidak sedikit orang yang tetap menaruhnya di dekat kepala saat dalam keadaan tidur.

Dikutip dari akun instagram @Kemenkominfo, Sabtu (19/2/2022), dikatakan bahwa menaruh ponsel di dekat kepala saat tidur bisa beresiko buruk bagi kesehatan. Disarankan lebih baik meletakkannya di atas meja yang jaraknya agak jauh demi waktu tidur yang berkualitas.

Adapun dalam postingannya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) membeberkan sejumlah dampak buruk meletakkan ponsel dekat dengan kepala pada saat tidur.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Pertama dapat menyebabkan insomnia. Menurut Journal of Psychiatric Research, radiasi cahaya biru dari ponsel bisa memancarkan sinar yang mirip dengan cahaya matahari, sehingga tubuh mengira hari masih siang.

Kedua merusak konsentrasi. Ponsel apapun pasti mengeluarkan radiasi elektromagnetik yang membuat aliran darah tidak maksimal. Akibatnya tiap pagi orang akan mudah gagal fokus dan kurang konsentrasi.

Ketiga mudah lelah di pagi hari. Kalau sebelum tidur seseorang terbiasa memainkan ponselnya hingga larut malam, biasanya yang bersangkutan akan mudah merasa lelah dan pusing di pagi hari.

Dengan begitu, Kemenkominfo menyarankan untuk bisa mendapatkan tidur yang berkualitas, sebelum tidur baiknya jangan memainkan ponsel, meletakkan ponsel minimal satu meter dari tempat tidur, mengaktifkan mode pesawat atau sekalian matikan ponsel, dan terakhir usahakan jangan mengisi daya ponsel di dekat tempat tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pemkot Jogja Waspadai Inflasi Melonjak di Akhir Tahun

Jogja
| Rabu, 05 Oktober 2022, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement