Advertisement

Video YouTube Bisa Ditonton secara Offline, Begini Caranya

Rahmi Yati
Selasa, 22 Februari 2022 - 20:47 WIB
Bhekti Suryani
Video YouTube Bisa Ditonton secara Offline, Begini Caranya Logo youtube - Akbar Evandio

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Banyak orang bingung mencari hiburan terutama ketika berada di tempat-tempat yang memiliki koneksi internet buruk. Namun, ternyata Anda masih bisa menikmati tayangan video melalui YouTube meski tanpa akses internet sekalipun alias offline.

Dikutip dari laman Gadgets 360, Selasa (22/2/2022), YouTube ternyata memilili fitur offline yang ditujukan untuk pengguna. Fitur ini memungkinkan pengguna YouTube untuk terus menikmati video favorit di perangkat Android dan iOS bahkan ketika tidak ada koneksi jaringan yang dapat digunakan.

Diluncurkan pada 2014, fitur offline YouTube memungkinkan pengguna Android dan iOS untuk menyimpan video YouTube ke perangkat mereka untuk ditonton kemudian.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Video-video ini dapat diunduh melalui data seluler atau jaringan Wi-Fi. Namun, fitur ini didukung iklan, jadi Anda harus mengikuti iklan sebelum masuk ke video yang ingin ditonton. Perlu dicatat juga, tidak semua video tersedia untuk ditonton secara offline.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menikmati video YouTube secara offline:

Cara Menonton Video YouTube Tanpa Kuota Internet

1. Video yang tersedia offline

Setiap video yang diunduh hanya dapat diputar secara offline hingga 48 jam. Setelah ini, Anda harus menemukan koneksi Internet yang berfungsi dan menyinkronkan ulang video dengan aplikasi YouTube untuk setiap perubahan dan status ketersediaan.

2. Mengunduh video YouTube untuk ditonton secara offline

Untuk membuat video YouTube tersedia secara offline, pertama-tama Anda harus membuka aplikasi YouTube di smartphone atau tablet Android atau iOS Anda.

Kunjungi file video yang ingin Anda unduh. Cari ikon Tambahkan ke Offline di bawah video (sebagai alternatif, Anda dapat mengeklik tombol menu konteks dan memilih opsi Tambahkan ke Offline).

Perhatikan bahwa jika video tidak tersedia untuk ditonton secara offline, itu akan memiliki tombol Tambahkan ke Offline yang disilang. Anda tidak dapat mengunduh video seperti itu ke perangkat Anda.

Advertisement

Setelah mengklik tombol Tambahkan ke Offline, aplikasi YouTube akan meminta Anda untuk memilih resolusi - Rendah, Sedang, HD - file. Kualitas rendah akan mengunduh dengan cepat, mengambil lebih sedikit ruang di perangkat Anda, tetapi kualitasnya akan relatif lebih buruk. Setelah Anda memilih kualitasnya, video akan mulai disimpan di perangkat Anda.

3. Menonton video offline YouTube

Perhatikan bahwa video yang disimpan hanya akan tersedia di dalam aplikasi YouTube. Untuk menemukan file, buka halaman beranda YouTube. Anda dapat melakukannya dengan menyeret video ke bawah menggunakan gerakan, atau hanya dengan mengetuk tombol kembali di Android.

Setelah Anda berada di halaman beranda, klik tab Akun (salah satu sudut paling kanan yang terlihat seperti tubuh manusia). Anda akan menemukan video Tersimpan di halaman ini.

Advertisement

Mengklik ini akan menampilkan semua video yang telah Anda simpan untuk dilihat secara offline. Jika Anda ingin menghapus video, klik menu konteks di sebelah video, dan pilih Hapus dari video yang disimpan.

Nah, dengan beberapa cara tersebut, Anda tetap bisa menikmati sejumlah hiburan dari tayangan video YouTube meski tak punya koneksi internet sekalipun. Selamat mencoba!

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Partai Besutan Amien Rais Beri Sinyal Dukung Anies Baswedan di 2024

Jogja
| Selasa, 27 September 2022, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement