Advertisement

Tips agar Tidak Tersesat Saat Gunakan Google Maps

Jumali
Kamis, 10 Maret 2022 - 03:17 WIB
Jumali
Tips agar Tidak Tersesat Saat Gunakan Google Maps Tampilan jalur torch relay di Google Maps. - Harian Jogja/Kusnul isti Qomah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Gara-gara mengikuti Google Maps, sebuah truk kontainer terjebak di jalan sempit perkampungan di Dusun Mrincingan, Desa Margomulyo, Kecamatan Seyegan, Sleman, Selasa (8/3/2022) siang.

Peristiwa yang dialami oleh truk kontainer itu sering terjadi. Alih-alih menggunakan Google Maps agar tidak tersesat, justru berujung tersesat. Agar peristiwa yang sama tidak terjadi, berikut tips menggunakan Google Maps agar tidak tersesat :

Advertisement

1. Buka aplikasi Google Maps yang ada di ponsel. Bila Anda belum memasang aplikasi penunjuk arah ini di ponsel, unduh melalui Google Play atau APP Store. Anda pastikan ponsel pintar tersambung dengan internet selama proses unduh.

2. Ketikkan lokasi yang hendak dituju pada kolom pencari yang berada di bagian atas layar. Opsi lainnya, Anda dapat ketuk ikon mic yang terdapat di sudut kanan atas halaman Google Maps. Kemudian, layar ponsel akan menampilkan "Google try say something".

Anda cukup sebutkan nama lokasi yang diinginkan. Secara otomatis Google Maps akan menunjukkan arah menuju lokasi yang Anda sebutkan.

Google Maps tidak hanya memandu Anda untuk menuju lokasi. Google Maps juga memberikan informasi tentang kondisi jalanan dengan menggunakan simbol warna. Warna biru menunjukkan jalanan lancar, warna merah menandakan macet, dan oranye artinya jalanan padat kendaraan.

- Melalui Google Maps Anda juga bisa memilih rute yang sesuai dengan kendaraan Anda. Misalnya dengan mobil, sepeda motor, transportasi umum, atau berjalan kaki. Selanjutnya, ketuk "Start" dan perjalanan akan dimulai.

- Anda harus pastikan ponsel pintar selalu terhubung dengan internet. Jika tidak, Google Maps akan berhenti menunjukkan jalan. Jangan lupa untuk mengatur rute yang dituju, khususnya pengguna sepeda motor. Karena Anda bisa saja dipandu melewati tol.

- Silakan pilih rute yang Anda ingin lewati atau hindari. Anda juga dapat melihat lebih jelas dan detail jalur yang akan dilewati dengan menampilkan peta satelit di pengaturan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement