Advertisement

Saat Mati, iPhone dan iPad Rawan Diretas

Jumali
Minggu, 29 Mei 2022 - 00:17 WIB
Jumali
Saat Mati, iPhone dan iPad Rawan Diretas iPad / GSM Arena

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Dua produk Apple yakni iPad dan iPhone selama ini dikenal sebagai perangkat yang sangat aman. Namun, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Sebab, iPad dan iPhone ternyata masih bisa diretas, saat kedua perangkat tersebut dalam keadaan mati.

Penelitian dari Technical University of Darmstadt mengungakpkan, hacker bisa saja melancarkan aksinya saat perangkat dalam keadaan mati. Ini terjadi karena, meski iPhone dan iPad dimatikan, tapi Bluetooth, NFC, dan UWB (Ultra Wideband) masih menyala.

Di sisi lain, teknologi jaringan nirkabel yang dimiliki iPhone dan iPad ini bukanlah bug. Apple pasti punya tujuan yang penting menyematkan Bluetooth, NFC, dan UWB di iPad dan iPhone, yakni membantu pemilik menemukannya saat hilang atau bahkan dicuri.

Namun, keberadaan dari Bluetooth, NFC, dan UWB ini juga memungkinkan bagi peretas untuk memasang malware di iPhone bahkan saat sistem iOS tidak berjalan. Sementara, berdasarkan analisis keamanan, ada celah yang bisa dimanfaatkan peretas memiliki akses tingkat sistem untuk melacak lokasi seseorang atau menjalankan fitur baru di ponsel mereka.

Untungnya, celah ini ada bagi mereka yang telah melakukan jailbreak terhadap iPhone maupun iPad. Di mana, peretas bisa menggunakannya untuk memata-matai seseorang.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Gelar Pertemuan di Jogja, Aktivis 98 Ingatkan Politikus Jangan Suka Bikin Gimmick

Jogja
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 22:27 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement