Advertisement

Ponsel Bermemori Besar Tapi Lemot, Ini Cara Mengatasinya

Sunartono
Kamis, 02 Juni 2022 - 12:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ponsel Bermemori Besar Tapi Lemot, Ini Cara Mengatasinya Ilustrasi ponsel Samsung. - ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Seringkali pengguna smartphone mengeluh akibat memori penuh. Padahal kapasitas memori ponsel dinilai cukup besar. Samsung merekomendasikan sejumlah cara untuk mengatasi masalah tersebut pada ponsel.

Product Marketing Manager Samsung Electronics Ricky Bunardi menjelaskan persoalan memori cukup besar namun ketika digunakan tetap lemot memang sering ditemukan. Ia memberikan salah contoh di fitur Galaxy A03 Series, ada sejumlah cara untuk tetap merawat dan menjaga smartphone supaya tetap memberikan performa yang maksimal.

"Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus data cache dari aplikasi yang sering dilakukan sehingga ruang penyimpanan yang tersedia jadi lebih optimal dalam memaksimalkan kinerja smartphone," katanya dalam rilis resminya, Selasa (31/5/2022).

Kuncinya menghapus data cache harus dilakukan secara rutin agar smartphone tetap memberikan performa maksimal dalam waktu lama dan tidak cepat lemot. Caranya dengan masuk ke Pengaturan ponsel, lalu pilih Aplikasi, setelah muncul beberapa aplikasi yang sering digunakan, bisa pilih aplikasi yang sudah terinstal misalnya aplikasi YouTube. Kemudian klik menu Penyimpanan lalu pilih Hapus Memori.

"Setelah itu maka bisa dilihat bahwa memori dari aplikasi YouTube ataupun aplikasi lain yang bisa kita pilih menjadi kosong," katanya.

Ia mengatakan selain menghapus data cache, cara lain yang bisa dilakukan untuk menjaga smartphone tetap lancar adalah dengan rajin update sistem operasi. Pembaruan software smartphone maka pengguna mendapatkan fitur baru meningkatkan kenyamanan penggunaan perangkat. Serta mendapatkan security patch terbaru yang menjaga keamanan perangkat dari virus dan malware, hingga perbaikan berbagai bug yang membuat kinerja perangkat jadi lebih lancar.

"Selain itu, hindari pengaturan auto-download di aplikasi WhatsApp, jadi smartphone kamu tidak terbebani dengan banyaknya foto dan video yang otomatis diunduh dan disimpan di memori internal perangkat," katanya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Gelar Pertemuan di Jogja, Aktivis 98 Ingatkan Politikus Jangan Suka Bikin Gimmick

Jogja
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 22:27 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement