Advertisement

2024, Semua HP di Uni Eropa Wajib Gunakan USB-C

Jumali
Kamis, 09 Juni 2022 - 00:17 WIB
Jumali
2024, Semua HP di Uni Eropa Wajib Gunakan USB-C iPhone 14 / EveryApplePro

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Negara-negara Uni Eropa telah menyetujui penggunaan satu port pengisian daya ponsel, tablet dan kamera dengan menggunakan USB-C pada 2024. Alhasil, Apple harus mengubah semua port pengisian baterai dari kabel lightning ke USB-C.

"Pada musim gugur 2024, USB Type-C akan menjadi port pengisian daya umum untuk semua ponsel, tablet, dan kamera di UE," kata Parlemen Eropa, dikutip dari Reuters, Rabu (8/7/2022).

Advertisement

Kepala industri Uni Eropa Thierry Breton mengatakan, kesepakatan itu akan menghemat biaya yang dikeluarkan untuk konsumen yang mencapai Rp3,8 triliun.

"Ini juga akan memungkinkan teknologi baru, seperti pengisian nirkabel, muncul dan berkembang tanpa membiarkan inovasi menjadi sumber fragmentasi pasar dan ketidaknyamanan konsumen," lanjutnya.

Selain penggunaan USB-C, Dewan Eksekutif Uni Eropa juga menyelaraskan sistem pengisian nirkabel di masa yang akan datang. Kesepakatan itu juga mencakup e-reader, earbud, dan teknologi lainnya. Artinya dengan kesepakatan tersebut, ada beberapa pihak yang akan terdampak, seperti Samsung, Huawei dan pembuat perangkat lainnya.

"Kami bangga bahwa laptop, e-reader, earbud, keyboard, mouse komputer, dan perangkat navigasi portabel juga disertakan," kata anggota parlemen Alex Agius Saliba.

Di sisi lain, kebijakan satu port pengisian daya dengan USB-C disebut bisa menjadi pendorong penjualan Apple pada 2024. Sebab, akan lebih banyak orang Eropa yang akan membeli produk Apple. Bloomberg melaporkan, Apple sudah mengerjakan iPhone dengan port pengisian USB-C yang bisa debut tahun depan.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Ratusan Tukik Dilepaskan di Pantai Bugel

Kulonprogo
| Sabtu, 25 Juni 2022, 02:07 WIB

Advertisement

alt

Tips Liburan di Jogja Agar Menyenangkan dan Berkesan

Wisata
| Jum'at, 24 Juni 2022, 14:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement