Advertisement

Memahami Control Panel Hosting dan Fungsinya

Media Digital
Rabu, 22 Juni 2022 - 06:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Memahami Control Panel Hosting dan Fungsinya Ilustrasi internet - Bisnis.com

Advertisement

JOGJA-Website merupakan salah satu media yang sudah tidak asing lagi di era teknologi dan informasi digital seperti sekarang ini. Kamu yang ingin mengembangkan website untuk kebutuhan pribadi, organisasi atau bisnis, maka wajib tahu cara memanfaatkan fitur untuk website.

Control panel

Advertisement

Bila kamu ingin mengembangkan website, pastikan tahu pengertian dan manfaat control panel hosting yang disediakan penyedia jasa Hosting Murah. Control panel hosting adalah program yang bisa memberikan kemudahan operasional atau mengelola segala fitur di web hosting.

Control panel

Pengertian Control Panel Hosting

Control panel hosting merupakan program atau perangkat lunak yang disediakan oleh penyedia web hosting untuk mengelola semua fitur hosting, misalnya domain, file, email, dan database. Nantinya semua pengelolaan hosting menjadi lebih mudah ada di halaman control panel. Tidak hanya semua fitur ditampilkan pada halaman control panel, tetapi ada indikator sumber daya hosting seperti informasi sisa Disk Space dan RAM hosting kamu.

Bila memilih hosting tanpa control panel, maka kamu tidak bisa mendapatkan kemudahan yang diberikan dalam pengelolaan web hosting. Kamu perlu mengetikkan perintah khusus supaya bisa dijalankan oleh hosting, maka control panel hosting memberikan kemudahan untuk menjalankan segala fitur lewat beberapa klik saja.

Kamu akan lebih mudah mengelola semua fasilitas di web hosting tanpa perlu memakai kode khusus. Berkat fasilitas control panel hosting ini, tampilan antarmuka web hosting menjadi yang lebih sederhana dan teratur, lho! Yakin kamu tidak ingin memakai layanan jasa web hosting dengan fitur control panel ini?

Fungsi Control Panel Hosting

Advertisement

Setelah memahami control panel hosting adalah alat yang bisa membantu kemudahan operasional, pengaturan dan pengelolaan web hosting, maka kamu harus segera menerapkan fitur ini pada website sesuai kebutuhan. Berikut rangkuman mengenai fungsi control panel hosting yang perlu kamu ketahui yaitu:

1.Bisa lebih mudah mengelola domain dan subdomain

Proses pemindahan domain atau pindah hosting menjadi lebih mudah sebab ada banyak pengaturan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya menambahkan domain, membuat subdomain, mengelola DNS, mengatur domain redirect, dan menghapus domain lewat control panel tersebut.

Advertisement

2.Penginstalan aplikasi

Dengan kemudahan menginstal aplikasi, kamu akan lebih mudah mengelola website sesuai kebutuhan lebih mudah dan cepat. Misalnya kamu menginstal aplikasi CMS, Laravel dan lain-lain.

Baca juga: 5 Jurus Jitu Membuat Website Dari Nol

3.Pengelolaan file

Advertisement

Kamu yang memiliki website wajib memiliki control panel hosting yang bisa memudahkan pengelolaan file, setidaknya ada tiga file pada hosting yaitu index.html, style.css dan script.js. Kini kamu tidak perlu melakukan cara manual mulai mengunduh file, mengubah di komputer dan mengunggah kembali ke hosting. Hal ini dikarenakan control panel hosting punya fungsi File Transfer Protocol atau FTP yang bisa membuat kamu bisa mengirim file dari komputer ke hosting atau sebaliknya.

4.Membuat dan mengelola email

Perlu sekali memilih hosting dengan control panel hosting sebab kamu bisa membuat dan mengelola email lebih profesional. Kamu bisa membuat email dengan nama domain, kemudian bisa melakukan pengecekan status pengiriman dan penerimaan email.

Advertisement

5.Kemudahan pengelolaan database

Informasi penting seperti password, username, post, comment, dan lain-lain bisa lebih mudah diakses, dikelola dan disimpan dengan baik. Kamu yang memiliki website yang berfungsi sebagai toko online dengan beragam informasi penting, maka wajib memakai control panel dalam kemudahan pengelolaan database.

6.Membuat backup

Bila terjadi risiko data rusak atau hilang, maka kamu tidak perlu ketar-ketir bila memiliki fitur control panel hosting. Pasalnya, data penting seperti email, database, DNS domain, backup file, dan sebagainya sudah tersalin dengan aman tanpa perlu repot melakukan backup manual.

Advertisement

7.Indikator resource hosting

Fungsi dari control panel hosting adalah indikator resource hosting yang bisa memberikan informasi sumber daya yang akan atau sudah mencapai batas maksimal, misalnya Disk Space, RAM dan inodes. Dengan informasi resource yang akan habis, kamu bisa langsung melakukan upgrade guna menjaga performa website tetap stabil.

Manfaat Control Panel Hosting

Dengan mengetahui fitur atau fungsi control panel hosting untuk performa website yang lebih optimal, kamu harus segera menerapkan penyedia jasa hosting dengan control panel hosting. Manfaat tampilan control panel bisa lebih jelas sehingga mudah digunakan, bisa mengelola fitur hosting secara terpusat pada satu halaman saja, bisa menginstal aplikasi lebih praktis dan mudah, serta menjadi solusi mengelola lebih banyak website dan fitur sesuai kebutuhan kamu.

Kini kamu bisa mengontrol status jaringan, mengubah peraturan, menetapkan preferensi file, dan melakukan konfigurasi sambungan file. Control panel hosting adalah solusi untuk kemudahan kamu mengelola fitur pada website lebih praktis, bukan?

Segera hubungi layanan jasa hosting beserta control panel yang sangat bermanfaat dalam mengembangkan website. Bagi pemula yang ingin mengelola website anti ribet, pakai fitur kekinian ini. Tinggal pilih contoh control panel populer yang paling relevan dengan kebutuhan kamu, ya!*

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Ratusan Tukik Dilepaskan di Pantai Bugel

Kulonprogo
| Sabtu, 25 Juni 2022, 02:07 WIB

Advertisement

alt

Tips Liburan di Jogja Agar Menyenangkan dan Berkesan

Wisata
| Jum'at, 24 Juni 2022, 14:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement