Advertisement

Bocoran Fitur Baru WhatsApp, Benarkah Bisa Sembunyikan Status Online?

Rahmi Yati
Minggu, 03 Juli 2022 - 16:37 WIB
Bhekti Suryani
Bocoran Fitur Baru WhatsApp, Benarkah Bisa Sembunyikan Status Online? Logo WhatsApp - whatsapp.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - WhatsApp dikabarkan akan segera menyediakan fitur baru yang memungkinkan penggunanya menyembunyikan status online yang muncul di bawah nama kali yang bersangkutan membuka aplikasi.

Developer WhatsApp telah memperkenalkan sejumlah perubahan dan fitur yang berorientasi privasi selama bertahun-tahun. Seperti kemampuan untuk menonaktifkan tanda terima baca atau centang biru, hingga menyembunyikan gambar profil pengguna dari kontak tertentu atau semua.

Advertisement

Namun, satu aspek WhatsApp tidak berubah untuk waktu yang lama dan itu adalah indikator status online yang muncul di bawah nama/nomor pengguna di perangkat orang lain setiap kali dia membuka aplikasi chatting tersebut. 

"Sekarang, tampaknya WhatsApp akhirnya mengerjakan ini, dan mungkin memperkenalkan perubahan pada aplikasi di masa mendatang yang memungkinkan Anda mematikan indikator status online sepenuhnya," demikian dikutip dari laman The Indian Express, Minggu (3/6/2022).

Dengan fitur ini, artinya pengguna dapat membuka aplikasi WhatsApp kapan pun dia mau, tanpa membiarkan teman, keluarga, kolega atau siapa pun yang mencari tahu apakah yang bersangkutan sedang online atau tidak. 

Sementara itu, sebuah laporan baru oleh WABetaInfo, yang memiliki rekam jejak yang baik dalam memprediksi fitur-fitur WhatsApp yang akan datang, mengatakan bahwa platform tersebut sedang mengerjakan fitur yang akan memungkinkan pengguna WhatsApp mengontrol siapa yang dapat melihat status online pengguna. 

Imbasnya, pengguna akan bisa mengatur status online terlihat ke 'semua orang', kecuali mereka diblokir. Kemudian ada opsi 'sama seperti yang terakhir dilihat' yang akan menunjukkan indikator 'online' hanya pada mereka yang memiliki izin untuk melihat indikator Last Seen pengguna.

Laporan tersebut menambahkan bahwa saat ini fitur tersebut sedang dikembangkan di iOS. Akan tetapi pada akhirnya juga akan datang ke pengguna Android dan Desktop.

"Perhatikan bahwa fitur ini sedang dalam pengembangan, jadi tidak ada yang tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan. Implementasi pertama-tama akan datang ke pengguna beta, dan pengguna yang stabil harus mendapatkan pembaruan setelah bug diperbaiki," tambah laporan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Listrik di Gunungkidul Rabu 17 April 2024, Mulai Pukul 10.00 WIB

Gunungkidul
| Rabu, 17 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement