Advertisement

Agar Terhindar dari Tipu atau Hoaks, Ini Cara Cek Gambar Palsu

Rahmi Yati
Rabu, 06 Juli 2022 - 02:37 WIB
Sirojul Khafid
Agar Terhindar dari Tipu atau Hoaks, Ini Cara Cek Gambar Palsu Iustrasi hoaks - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Semakin mudahnya smartphone untuk bertukar file, membuat kamu tidak jarang mendapat kiriman gambar dalam berbagai bentuk. Belum lagi dengan adanya media sosial, lalu lintas gambar semakin deras. Gambar itu bisa berupa informasi penting atau hanya lelucon. Tapi adakah cara untuk mengecek kebenaran foto agar kita tidak terkena tipu atau hoaks?

Sebagaimana diketahui, informasi bohong atau hoaks dengan menggunakan foto atau video masih terus bermunculan di media sosial. Maka dari itu, sebagai pengguna internet khususnya yang kerap mengakses media sosial, penting untuk bisa mengetahui informasi yang diterima tersebut benar atau tipuan belaka.

Dikutip dari laman Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika @Kemenkominfo, Selasa (5/7/2022), sedikitnya ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk mengecek sebuah gambar atau foto asli atau palsu.

BACA JUGA: Update Harga iPhone 13, iPhone 12, iPhone 11, iPhone SE per Juli 2022

Pertama, menggunakan Google Lens. Caranya buka aplikasi Google Lens di smartphone, arahkan kamera ke gambar atau unggah dari galeri, dan kamu bisa melihat gambar dan sumber aslinya.

Kedua, menggunakan reverse image di Google. Caranya buka https://images.google.com menggunakan laptop, klik ikon kamera di kolom pencarian, klik upload an image dan pilih foto dari galeri. Selanjutnya Google akan menampilkan gambar yang serupa.

Ketiga, menggunakan ekstensi browser. Untuk cara ini, langkah pertama yang dilakukan adalah menginstall RevEye melalui Chrome Web Store dengan mengetik RevEye di kolom pencarian. Kemudian klik add to chrome, dan klik add extension.

Setelah aplikasinya terpasang, klik kanan pada gambar yang ingin dicari pada situs web dan klik reverse image seacrh. Secara otomatis tab situs pencarian akan menampilkan gambar terkait.

Nah, dengan tiga cara tersebut, kamu bisa mengetahui sumber asli, konteks, dan latar belakang sebuah foto.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Streaming Starjoja FM
alt

Jan Ethes Lancar Jawab Pertanyaan Wartawan, Warganet: Public Speakingnya Bagus

Jogja
| Senin, 08 Agustus 2022, 10:17 WIB

Advertisement

alt

10 Wisata Malam Menarik di Jogja, Yuk Samperin!

Wisata
| Sabtu, 06 Agustus 2022, 14:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement