Advertisement

Catatan 20 Juli, Neil Armstrong Jadi Manusia Pertama Jelajahi Bulan

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 20 Juli 2022 - 11:57 WIB
Sirojul Khafid
Catatan 20 Juli, Neil Armstrong Jadi Manusia Pertama Jelajahi Bulan Neil Armstrong - NASA

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Tanggal 20 Juli 1969 menjadi sejarah saat Apollo 11 mendarat di Bulan. Neil Armstrong menjadi manusia pertama yang menjejakkan kaki di Bulan. Melansir History, Astronot asal Amerika Neil Armstrong (1930-2012) dan Edwin "Buzz" Aldrin (1930-) menjadi manusia pertama yang mendarat di bulan.

Sekitar enam setengah jam kemudian, Armstrong menjadi orang pertama yang berjalan di bulan. Saat dia mengambil langkah pertamanya, Armstrong dengan terkenal berkata, "Itu satu langkah kecil bagi manusia, satu lompatan raksasa bagi umat manusia."

Advertisement

Misi Apollo 11 terjadi delapan tahun setelah Presiden John F. Kennedy (1917-1963) mengumumkan tujuan nasional untuk mendaratkan manusia di bulan pada akhir 1960-an. Apollo 17, misi bulan berawak terakhir, terjadi pada tahun 1972. Upaya Amerika untuk mengirim astronot ke bulan berawal dari seruan Presiden Kennedy pada sesi gabungan khusus Kongres pada 25 Mei 1961.

Pada saat itu, Amerika Serikat masih tertinggal dari Uni Soviet dalam pengembangan ruang angkasa, dan Amerika di era Perang Dingin menyambut baik usulan berani Kennedy. Pada tahun 1966, setelah lima tahun bekerja oleh tim ilmuwan dan insinyur internasional, Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA) melakukan misi Apollo tak berawak pertama, menguji integritas struktural dari kendaraan peluncuran yang diusulkan dan kombinasi pesawat ruang angkasa.

BACA JUGA: Merawat Ingatan Sejarah Peristiwa Jogja Kembali

Kemudian, pada 27 Januari 1967, tragedi terjadi di Kennedy Space Center di Cape Canaveral, Florida, ketika kebakaran terjadi selama uji landasan peluncuran berawak pesawat ruang angkasa Apollo dan roket Saturnus. Tiga astronot tewas dalam kebakaran tersebut.
Meskipun mengalami kemunduran, NASA dan ribuan karyawannya terus maju, dan pada Oktober 1968, Apollo 7, misi Apollo berawak pertama, mengorbit Bumi dan berhasil menguji banyak sistem canggih yang diperlukan untuk melakukan perjalanan dan pendaratan di bulan.

Pada bulan Desember tahun yang sama, Apollo 8 membawa tiga astronot ke sisi jauh bulan dan kembali, dan pada bulan Maret 1969 Apollo 9 menguji modul bulan untuk pertama kalinya saat berada di orbit Bumi. Mei itu, tiga astronot Apollo 10 mengambil pesawat ruang angkasa Apollo lengkap pertama di sekitar bulan dalam perjalanan kering untuk misi pendaratan Juli yang dijadwalkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ini Rekayasa Lalu Lintas yang Disiapkan Polres Bantul Untuk Atasi Kemacetan saat Libur Lebaran

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement