Advertisement

Ini Jenis–Jenis Hosting untuk Menjalankan Web Bisnis

Media Digital
Minggu, 24 Juli 2022 - 10:27 WIB
Budi Cahyana
Ini Jenis–Jenis Hosting untuk Menjalankan Web Bisnis Ilustrasi - Freepik

Advertisement

JOGJA—Menjalankan bisnis akan terlihat sempurna bila memiliki website resmi, dan untuk membuat suatu web bisnis yang professional maka tak lepas dari yang namanya penggunaan web hosting.

Hosting atau web hosting merupakan layanan yang disediakan untuk seseorang yang ingin membuat suatu website. Tujuannya agar website tersebut dapat ditampilkan melalui internet dan bisa diakses selama 24 jam penuh oleh siapa pun yang membutuhkan

Bukan Cuma itu saja, web hosting juga berfungsi untuk dapat menjaga agar website dapat terhindar dari virus atau spam dengan memasang SSL atau Secure Socket Layer. Meski memiliki banyak tujuan dan fungsi, memilih layanan web hosting juga harus hati-hati.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Namun untuk membuat website bisnis yang professional kalian bisa memilih jenis hosting yang tepat. Beberapa jenis – jenis hosting yang perlu kalian ketahui Ketika ingin membuat web ialah :

Jenis-Jenis Web Hosting

  1. Shared Hosting

Shared hosting adalah layanan hosting di mana Anda berbagi server dengan pengguna lainnya. Tak heran, jenis hosting ini cocok bagi website dengan traffic rendah hingga sedang. Seperti blog sampai website bisnis dengan pengunjung maksimal 180 ribu/bulan.

  1. Simple WordPress

Mungkin, ini pertama kalinya mendengar hosting Simple WordPress. Faktanya, Simple WordPress memang web hosting yang eksklusif karena ini satu-satunya di Indonesia.

Maka dari itu, Simple WordPress cocok bagi Anda yang masih awam dengan website. Ataupun bagi yang ingin lebih fokus mengembangkan konten, alih-alih mengurus sisi teknis web.

  1. WordPress Hosting

Terdengar mirip, WordPress hosting cukup berbeda dengan Simple WordPress. Secara garis besar, WordPress hosting lebih cocok bagi Anda yang mau memakai situs berbasis WordPress, tapi tetap ingin akses mengubah konfigurasi hosting.

Advertisement

Bedanya dengan shared hosting, di WordPress hosting Anda tidak perlu melakukan pengaturan server. Jadi, fokus Anda cukup mengembangkan website saja.

  1. Cloud Hosting

Selanjutnya, ada cloud hosting. Cloud hosting adalah layanan hosting di mana data website Anda tersimpan di beberapa server. Sehingga kalau terjadi masalah di satu server, ada server cadangan yang menggantikannya.

Tak heran, cloud hosting biasa digunakan untuk website dengan traffic tinggi, seperti web e-commerce, toko online, web rumah sakit, dan lainnya.

Advertisement

  1. VPS Hosting

Tak kalah dari cloud hosting, VPS hosting juga menawarkan sumber daya yang cukup besar. Meski begitu, VPS memberikan akses ke pengaturan server, sehingga performa hosting bisa Anda atur sendiri, seperti halnya VPS Niagahoster ini.

Meski begitu, untuk mengelola VPS hosting Anda membutuhkan pengetahuan teknis yang cukup mumpuni. Sebab boleh dibilang, Anda secara mandiri menjalankan hosting sendiri.

  1. Email Hosting

Dari namanya saja, pasti Anda sudah tahu email hosting adalah layanan khusus untuk email. Jadi, Anda hanya bisa menggunakannya untuk mengirim serta menerima email. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pemkot Jogja Waspadai Inflasi Melonjak di Akhir Tahun

Jogja
| Rabu, 05 Oktober 2022, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement