Advertisement

Diretas, Situs PSE Kominfo Diserbu Jutaan Serangan per Hari

Rahmi Yati
Sabtu, 30 Juli 2022 - 11:47 WIB
Budi Cahyana
Diretas, Situs PSE Kominfo Diserbu Jutaan Serangan per Hari Ilustrasi - youtube

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan situs pendaftaran penyelenggara sistem elektronik (PSE) sempat mengalami peretasan dan diserbu jutaan serangan siber per hari.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan serangan tersebut menyerang laman yang berisi daftar PSE yang telah melakukan pendaftaran.

Advertisement

"Sempat ada serangan besar-besaran terkait list. Itu bukan pendaftaran, itu hanya untuk list. Itu pun kami mengalami puluhan jutaan serangan per hari. Benerin di serang lagi, benerin di serang lagi," kata Semuel saat konferensi pers, Jumat (29/7/2022).

Untuk diketahui, belum lama ini situs PSE yang bisa digunakan untuk melihat apa saja PSE lingkup privat yang telah mendaftar ke Kemenkominfo sempat tidak bisa dibuka. Bahkan, fitur pencarian atau search tiba-tiba menghilang.

Menurut Semuel, hal tersebut merupakan salah satu efek dari serangan hacker. Dia mengeklaim pihaknya terus melakukan perbaikan agar jangan sampai terjadi error dan keluar tampilan '404 Page Not Found'.

Lebih lanjut dia juga menegaskan akan mengembalikan fungsinya seperti semula setelah serangan mereda dan perbaikan selesai.

"Kami juga memohon bantuan ke teman-teman karena ini adalah layanan publik yang bisa digunakan masyarakat untuk mendapatkan informasi," ucapnya.

Sebelumnya, perihal peretasan ini sempat jadi sorotan usai Founder Ethical Hacker Indonesia Teguh Apriyadi memperlihatkan beberapa insiden error di situs PSE Kemenkominfo lewat postingannya di media sosial Twitter.

"Perjalanan situs PSE @kemkominfo yang menjadi bagian dari proyek 963 M: 23 Juli: Insiden web error tapi malah nyalahin user, 23 Juli, Hacked, 24 Juli: Taken down. Mess with the best, die like the rest #BlokirKominfo" tulis Teguh dalam cuitannya di Twitter, Minggu (24/7/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lomba Dirikan Tenda Darurat Meriahkan HUT Ke-20 Tagana

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement