Advertisement

Hasil Survei Populix: Android Dominasi Ponsel Indonesia

Khadijah Shahnaz
Senin, 15 Agustus 2022 - 03:37 WIB
Sirojul Khafid
Hasil Survei Populix: Android Dominasi Ponsel Indonesia Ponsel pintar Galaxy Z Flip dipajang saat acara peluncuran di San Francisco, California, Amerika Serikat, Selasa (11/2/2020). Bloomberg - Michael Short

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Populix, startup yang fokus pada survei, merilis riset terkait Mobile Phone Usage and 5G Network Projection di Indonesia. Berdasarkan survei tersebut, ponsel android masih mendominasi di Indonesia.  

Co-Founder dan CTO Populix, Jonathan Benhi, menjelaskan jaringan telekomunikasi semakin hari kian berkembang, setelah kemunculan jaringan 4G pertama kali di Norwegia pada akhir tahun 2009, saat ini dunia, termasuk Indonesia telah memasuki era 5G.

Adapun, survei berjudul “Mobile Phone Usage and 5G Network Projection” yang dilakukan Populix membahas tentang penggunaan ponsel serta masa depan jaringan 5G di kalangan masyarakat Indonesia. Survei dilakukan terhadap 1.000 responden laki-laki dan perempuan berusia 18-55 tahun pada tanggal 4-14 Juli 2022.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Jonathan mengatakan teknologi 5G menawarkan berbagai keunggulan mulai dari kecepatan jaringan, latensi yang lebih rendah hingga kemampuan untuk terhubung dengan perangkat yang lebih banyak.

BACA JUGA: Ilmuwan Temukan Planet Baru, Dinamai HD 56414

Keunggulan-keunggulan tersebut tentunya membuat masyarakat Indonesia sangat antusias dengan kehadirannya, 92 persen masyarakat sudah memiliki rencana untuk mengupgrade ke jaringan 5G.

“Tingginya minat masyarakat ini mendorong operator seluler dan perusahaan ponsel untuk memberikan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat ke depannya,” kata Jonathan dalam survei Populix dikutip Minggu (14/8/2022).

Dalam survei Populix tersebut mengatakan sebanyak 79 persen masyarakat Indonesia memiliki satu ponsel untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Bahkan 21 persen masyarakat saat ini memiliki 2 hingga 3 ponsel untuk mendukung mobilitas mereka. Dari segi sistem operasi, Android lebih mendominasi jenis ponsel orang Indonesia dibandingkan iOS.

Advertisement

Adapun, merek ponsel Android yang mendominasi pasar Indonesia adalah Samsung (25 persen), Xiaomi (23 persen), Oppo (14 persen) dan iPhone 14 persen.

BACA JUGA: Begini Cara Keluar Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan

Hal yang menarik, Samsung berhasil menggeser posisi Xiaomi pada tahun ini, setelah laporan survei Populix sebelumnya pada Februari 2021 mengungkap bahwa Xiaomi menempati urutan pertama ponsel yang paling banyak digunakan, diikuti Samsung, Oppo, dan iPhone.

Advertisement

Sementara itu, dari jenis penggunaan operator seluler, hampir 9 dari 10 orang yang disurvei memilih kartu prabayar dengan pengeluaran maksimal hingga Rp200.000 per bulannya. 

Adapun, penggunaan pulsa tersebut 82 persen didominasi untuk penggunaan kuota internet, melakukan panggilan telepon (12 persen), dan SMS (6 persen).

Orang Indonesia juga semakin bergantung pada koneksi internet untuk berkomunikasi sehari-hari. Sebanyak 67 persen orang Indonesia terkoneksi dengan WiFi untuk mengakses internet, sementara 33 persen sisanya tersambung dengan kuota internet ponsel. Sebagian besar mengakses internet selama 4-8 jam per hari dengan waktu paling banyak diakses adalah pukul 6 sore - 9 malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pemkot Jogja Waspadai Inflasi Melonjak di Akhir Tahun

Jogja
| Rabu, 05 Oktober 2022, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement