Advertisement

Cara Instal iOS 16 di iPhone, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Anshary Madya Sukma
Selasa, 13 September 2022 - 02:37 WIB
Sirojul Khafid
Cara Instal iOS 16 di iPhone, Ini Kelebihan dan Kekurangannya Tampilan iOS 16 pada perangkat iPhone - Apple

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kabar baik datang untuk pengguna iPhone. Sistem operasi terbaru, iOS16 sudah rilis belum lama ini. Pada pembaruan kali ini, Apple mengklaim bahwa iOS 16 akan menyempurnakan iPhone dengan fitur personalisasi yang paling baru, kecerdasan yang lebih mendalam, dan membuat komunikasi Anda semakin berjalan mulus.

Lalu, untuk seri iPhone yang mendapatkan pembaruan ini dimulai dari iPhone 8 hingga iPhone keluaran terbaru setelah seri 8 ini.

Cara Mendapatkan Pembaruan iOS 16

Untuk mendapatkan iOS 16 ini, caranya cukup sederhana karena Anda tinggal mengunjungi sistem software update dengan cara masuk ke Setting > General> Software Update.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Setelah tampilan layar Anda menampilkan Software Update, Anda tinggal memilih opsi “Download dan Install”, jika iPhone Anda memiliki kode sandi, maka Anda harus memasukannya.

Terakhir, Anda hanya tinggal menunggu sampai proses pembaruan iOS 16 ini selesai.

BACA JUGA: Ini Rentetan Aksi Hacker Bjorka

Kelebihan iOS 16

Fitur baru tentunya pasti didapatkan setelah Anda memperbarui sistem operasi ke iOS 16, fitur tersebut seperti desain layar kunci, fitur pesan dan lainnya. Dikutip theguardian.com pada Senin (12/9/2022), berikut rincian kelebihan iOS 16:

1. Desain Layar Kunci

Sistem operasi iOS 16 akan membuat Anda lebih bisa merubah tampilan sesuai yang Anda inginkan, seperti gaya font dan menampilkan beberapa widget yang Anda inginkan.

Advertisement

Widget tersebut meliputi, cuaca, kalender, zona waktu, alarm, lingkaran aktivitas dan widget yang berasal dari aplikasi favorit Anda.

Selanjutnya, dalam layar kunci ini juga telah membuat sistem notifikasi menjadi tidak menghalangi layar kunci Anda, karena semua notifikasi akan menumpuk dan tersusun rapi dibagian bawah layar.

2. Edit Pesan

Advertisement

Kini iPhone yang sudah melakukan pembaruan akan dapat mengedit pesan yang baru Anda kirim dan bisa membatalkan pengiriman tersebut, tentunya hal ini menjadi penting jika Anda salah mengirim pesan yang membuat Anda malu atau salah paham akan pesan tersebut.

Tak hanya itu, iOS 16 juga dapat membuat Anda menandai pesan yang akan dibalas dan membalasnya di kemudian waktu, fitur ini sangat cocok untuk pribadi Anda yang sering menumpuk pesan, sehingga membuat pesan penting tertimbun dan Anda tidak melakukan balasan terhadap pesan penting tersebut.

BACA JUGA: Rilis Hari Ini, Berikut Spesifikasi Vivo V25 Series 5G

3. Aplikasi Kebugaran

Advertisement

Jika sebelumnya Anda memerlukan Apple Watch untuk memiliki fitur ini, namun kini Anda dapat mendapatkannya hanya dengan iPhone, cara kerja fitur ini akan dibantu dengan sensor dari iPhone yang mendeteksi gerakan, jarak, dan perkiraan kalori ketika Anda beraktivitas atau khususnya berolahraga.

4. Edit Foto

Fitur dalam iOS terbaru ini memiliki kemampuan pengeditan foto menjadi lebih canggih, seperti menambahkan kemampuan untuk menyalin dan menempelkan hasil edit ke foto dan video, atau menyeleksi foto untuk diambil objeknya sehingga dapat menghemat waktu Anda saat ingin menyalurkan kreativitas Anda.

Advertisement

5. Pembaruan Keamanan Lebih Cepat

Apple telah memisahkan pembaruan keamanan dari pembaruan iOS lengkap, yang artinya iPhone memungkinkan merilis perbaikan bug lebih cepat dan menginstalnya secara otomatis di iPhone pengguna.

BACA JUGA: Disney D23 Expo 2022: Disney & Marvel Umumkan Gim Baru

Kekurangan iOS 16 Pertama Rilis

Sebenarnya iPhone sudah memberikan pratinjau untuk rilisan pembaruan yang akan terdapat pada iOS 16 di Apple.com, tetapi semua pembaruan itu tidak akan semua diterapkan pada peluncuran pertama kali ini.

Advertisement

Nah, berikut fitur yang dikabarkan mengalami penundaan rilis yang dikutip dari macrumors.com pada Senin (12/9/2022), di antaranya :

• Aktivitas Langsung

Secara garis besar fitur ini membuat Anda melakukan aktivitas keseharian tanpa perlu membuka layar kunci iPhone Anda, seperti saat Anda memesan makanan atau minuman dalam aplikasi, maka iPhone akan menampilkan kondisi terkini pesanan Anda dari mulai sedang dibuat hingga menuju tempat Anda.

• Perpustakaan Foto Bersama di iCloud

Fitur ini memungkinkan pengguna membuat perpustakaan foto bersama dan mengundang siapa saja yang memiliki ID Apple untuk melihat, berkontribusi, dan mengeditnya, termasuk memfavoritkan gambar dan menambahkan teks.

Pembaruan ini tidak memiliki batasan dalam hal mengelola perpustakaan bersama ini, karena semua peserta memiliki izin yang sama, sehingga sangat ideal untuk membantu dalam hal berbagi moment dan membuatnya menjadi praktis saat digunakan dengan keluarga atau sahabat Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

134 Orang Meninggal Dunia di Bantul Sepanjang Tahun Ini karena Kecelakaan Lalu Lintas

Bantul
| Rabu, 05 Oktober 2022, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement