Advertisement

Akun Instagram Ini Mengklaim Tahu Siapa Bjorka

Restu Wahyuning Asih
Selasa, 13 September 2022 - 17:37 WIB
Budi Cahyana
Akun Instagram Ini Mengklaim Tahu Siapa Bjorka Hacker Bjorka - JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Sebuah akun Instagram mengklaim mengetahui siapa identitas asli hacker Bjorka

Bjorka membocorkan data beberapa pegawai pemerintahan seperti Gubernur Anies Baswedan, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Bidang Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate.

Terbaru, data milik Menkopolhukan Mahfud MD juga ikut diborokan oleh Bjorka. Namun berbeda dengan yang lain, Mahfud menanggapi dengan enteng data-data yang disebarkan oleh hacker.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Menurutnya, data yang disebarkan oleh Bjorka adalah data yang bisa diakses melalui Google, laman LHKPN KPK, dan buku miliknya.

"Bnyk yg japri sy bhw data pribadi sy dibocorkan oleh bjorka hacker. Sy tak ambil pusing dan tak ingin tahu. Sebab data pribadi sy bkn rahasia. bs diambil dan dilihat di Wikipedia (Google), di sampul belakang buku2 saya, di LHKPN KPK. Data pribadi sy terbuka, tak perlu dibocorkan," tulisnya pada hari ini, Selasa (13/9/2022).

Identitas hacker yang mengaku berasal dari Polandia ini pun menjadi pertanyaan banyak orang. Bjorka diduga berasal dari Indonesia karena banyaknya kejanggalan yang terlihat dari cuitannya di Twitter.

Turut menanggapi keberadaan Bjorka, akun Instagram @volt_anonym yang juga dikenal sebagai ahli peretas mengatakan Bjorka adalah orang Indonesia.

Melalui akun Instagramnya, ia mengungkap dugaan Bjorka adalah seorang WNI bernama Muhammad Said Fikriansyah.

Akun @volt_anonym pun menunjukkan bahwa data yang diambil dan disebar oleh Bjorka hanyalah salinan dari pencurian data yang lain.

Advertisement

"Data yang katanya 133M dari meretas Kominfo tidak lebih isinya cuma 200 data saja dan itu pun di copy sehingga banyak data yang sama seolah-olah data yang dia curi sebanyak 133M padahal cuma 200 an. Ini sama saja data dump (sampah) yang sudah banyak kadaluarsa.
Ngaku gak lu!!! @muhammadsaidfikriansyah. Data lu sama data bjorka sama," tulis akun @volt_anonym pada Selasa.

Menurutnya, keberadaan Bjorka ini hanyalah drama yang sengaja dibuat oleh beberapa orang.

Akun tersebut pun turut menyertakan data yang telah diambil dan disebarkan oleh Bjorka yang dinilai ganjal.

Advertisement

Jokowi bentuk tim khusus

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membentuk tim khusus untuk menangkal aksi yang dilakukan peretas atau hacker dengan akun Bjorka yang membuat heboh di media sosial.

Advertisement

Tim tersebut akan terdiri dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), hingga Badan Intelijen Negara (BIN).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan dalam rapat bersama Presiden tersebut dibicarakan bahwa ada data-data yang diduga bocor di dark web dan media sosial, salah satunya dari Bjorka, merupakan data yang sudah umum.

BACA JUGA: Resmi Tunjuk Manajemen Baru, Sultan Tegaskan Malioboro Mall Tidak Ditutup

Advertisement

Johnny menyampaikan, pemerintah juga akan membentuk tim untuk melakukan asesmen-asesmen berikutnya dalam rangka menjaga kepercayaan publik.

“Perlu ada emergency response team yang terkait untuk menjaga tata kelola yang baik di Indonesia untuk menjaga juga kepercayaan publik. Jadi akan ada emergency response team dari BSSN, Kominfo, Polri, dan BIN untuk melakukan asesmen-asesmen berikutnya,” tuturnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Partai Besutan Amien Rais Beri Sinyal Dukung Anies Baswedan di 2024

Jogja
| Selasa, 27 September 2022, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement