Advertisement

Solusi Perbankan, HID Global Hadirkan Alat Pembaca Kartu Identitas

Akbar Evandio
Senin, 10 Oktober 2022 - 00:37 WIB
Sirojul Khafid
Solusi Perbankan, HID Global Hadirkan Alat Pembaca Kartu Identitas Ilustrasi nasabah menggunakan kartu. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Penyedia solusi identitas HID Global menggandeng PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) mengumumkan berhasil mengimplementasikan mesin pembaca kartu identitas pada berbagai Terminal Layanan Mandiri (Self-Service Terminal/ SST).

SVP and Head of Extended Access Technologies HID Global, Steve Currie, meyakini kolaborasi ini dapat memberikan layanan perbankan komprehensif untuk bank-bank BUMN di Indonesia.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Dia melanjutkan, saat ini Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI), keduanya merupakan anggota Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), menjadi dua institusi keuangan pertama yang berhasil menerapkan layanan SST yang dilengkapi dengan Radio Frequency Identification (RFID) dan Pembaca Biometrik HID Global yang memiliki kemampuan membaca kartu identitas nasional.

“Terminal Layanan Mandiri ini memudahkan pelanggan untuk mendapatkan layanan yang dibutuhkan, tanpa harus berinteraksi secara langsung dengan perusahaan penyedia jasanya terlebih dulu,” ujarnya lewat rilisnya, Minggu (9/10/2022).

BACA JUGA: Rilis Akhir 2022, Berikut Daftar Harga iPhone 14 yang Dijual di iBox

Lebih lanjut, dia mengatakan teknologi tersebut menyediakan pendampingan bagi pelanggan untuk mendapatkan layanan yang dibutuhkan, serta pada saat yang bersamaan, dapat menekan pengeluaran biaya tenaga kerja sekaligus meningkatkan produktivitas bisnis lewat pemanfaatan teknologi.

Dia pun menjelaskan implementasi teknologi Terminal Layanan Mandiri tersebut, antara lain dapat digunakan oleh pengguna untuk memindai dan melakukan pembayaran barang belanjaan secara mandiri di merchant atau toko tanpa harus menunggu dilayani oleh kasir.

Teknologi ini juga dapat digunakan untuk melakukan pengambilan uang tunai di mesin anjungan tunai mandiri (ATM) yang sudah terintegrasi dengan mesin pembaca kartu identitas (NID Reader).

Advertisement

Selain itu, perangkat pembaca kartu identitas membantu pengguna melakukan verifikasi sidik jari dan membaca, serta menampilkan data demografis atau kependudukan, foto, maupun tanda tangan pada chip KTP elektronik (e-KTP). Teknologi ini dapat disajikan secara terpadu di terminal serta diintegrasikan dengan aplikasi lain menggunakan data yang tersimpan dalam KTP elektronik.

BACA JUGA: Elon Musk Diberi Batas Waktu Hingga 28 Okrober untuk Selesaikan Akuisisi Twitter

Senada, Vice President Rekayasa dan Pengembangan Produk, PT INTI (Persero) Darma Nugraha mengatakan, teknologi RFID dan Biometric Reader dari HID yang diintegrasikan tersebut telah berhasil memudahkan implementasi mesin pembaca kartu identitas di lebih dari 5.000 Terminal Layanan Mandiri untuk perbankan anggota HIMBARA di Indonesia.

Advertisement

“Benefitnya, bank-bank tersebut dapat mengalami peningkatan kualitas layanan sembari mengurangi biaya operasional secara signifikan,” katanya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Jadi Tuan Rumah FKY 2019, Omzet Kampoeng Mataraman Diklaim Tembus Rp1,6 Miliar

Bantul
| Minggu, 04 Desember 2022, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Wisata ke Singapura via Batam, Begini Triknya

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 05:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement