Advertisement

Begini Caranya Dapat Uang dari TikTok

Astrid Prihatini Wisnu Dewi
Kamis, 20 Oktober 2022 - 05:57 WIB
Lajeng Padmaratri
Begini Caranya Dapat Uang dari TikTok TitTok - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kepopuleran TikTok membuat banyak orang menggunakan aplikasi ini. Tak sedikit juga pengguna yang ingin tahu cara mendapatkan uang dari TikTok.

Di Indonesia, awalnya TikTok dipandang sebelah mata, bahkan pada 2018 sempat diblokir oleh Kominfo. Namun, TikTok kembali bersinar sejak pandemi hingga saat ini. Tak tanggung-tanggung, pengguna TikTok di Indonesia pada Agustus 2020 telah tembus angka 22,2 juta!

Advertisement

Berbeda dari YouTube dengan AdSense-nya, TikTok tidak memberikan bayaran untuk setiap ads yang dipasang di akun pengguna.

Berikut ini cara dapat uang dari TikTok untuk pemula seperti dikutip dari Solopos.com yang melansir Niagahoster.com:

1. Sponsored Content Post

Sponsored Content Post adalah Anda sebagai influencer TikTok, yang mempromosikan brand tertentu.

Biasanya, agensi atau brand akan melihat jumlah followers, like, dan tayangan video, untuk mengukur tingkat engagement content creator di TikTok. Bisa dibilang, ini adalah cara mendapatkan uang dari TikTok yang paling tepat untuk Anda yang telah memiliki followers ribuan atau lebih. Karena itu, sebelum dapat menerima tawaran Sponsored Content Post, Anda harus berusaha menaikkan followers di TikTok.

Ada beberapa cara agar followers di TikTok meningkat, yaitu:

– Menemukan niche konten;
– Mengunggah video yang menarik, edit video Anda sebelum di post;
– Konsisten atau terjadwal;
– Optimasi profile TikTok;
– Mengikuti challenge viral;
– Kolaborasi dengan pengguna TikTok lainnya;
– Upload konten Anda ke media sosial lain, seperti Instagram, Facebook, dll;
– Upload di jam prime time.

2. Donasi atau Payout Coins

Ada banyak cara mendapatkan uang dari TikTok saat followers Anda sudah tinggi. Salah satunya dari “donasi” yang diberikan fans saat Anda live streaming di TikTok.

Konsepnya hampir sama dengan platform Twitch atau Likee. Saat live streaming, TikTok memungkinkan para viewer memberikan stiker gift yang nantinya dapat ditukar dengan uang.  Biasanya, stiker ini hanya akan dikirimkan viewer untuk menghargai usaha content creator dalam memberikan konten TikTok. Jadi, usahakan membuat konten yang bermanfaat ya!

3. Jasa Pengelola Akun atau TikTok Manager

Cara kelima yang bisa Anda lakukan yaitu menjadi TikTok Manager. Cara kerjanya, Anda mengelola akun TikTok milik seseorang agar lebih berkembang pesat.  Sasarannya pun bukan hanya content creator, tetapi juga brand atau perusahaan yang menggunakan TikTok untuk promosi bisnis.

Biasanya, tugas jasa pengelola akun meliputi:

1. Meningkatkan followers, like, jumlah tayangan video hingga engagement;
2. Mengatur strategi content marketing;
3. Mengembangkan ide kreatif konten TikTok;
4. Mengelola tawaran kerja sama, dll.

Cara ini cocok untuk Anda yang paham seluk beluk dunia marketing.

Di TikTok, tidak menutup kemungkinan untuk viral hanya dalam waktu semalam. Agar cara dapat uang di TikTok makin ciamik, maka sebagai TikTok Manager, Anda perlu mempelajari lebih lanjut tentang viral marketing.

4. Jual Beli Akun TikTok

Jika Anda sudah mahir dalam membangun engagement dengan followers, maka cara terbaik menghasilkan uang di TikTok adalah jual beli akun.

Konsepnya sangat simpel, yang perlu Anda lakukan adalah:

– Membuat akun dengan minat pada topik tertentu;
– Menumbuhkan followers, like, jumlah tayangan, dan engagement;
– Membangun komunitas dengan peminat topik yang sama;
– Setelah akun menjadi besar, jual ke brand atau perusahaan dengan bidang yang sama.

Dengan cara ini, apakah TikTok menghasilkan uang? Bagaimana bisa cuan?

Karena target promosi yang dibutuhkan brand atau perusahaan adalah orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan bidang bisnis mereka.

Sedangkan, Anda sudah membangun akun lengkap dengan followers yang sesuai kebutuhan brand. Ibaratnya, Anda membantu brand dengan target marketnya bertemu.

5. TikTok Marketing

TikTok marketing ditujukan bagi Anda pemilik suatu brand dan ingin menarik konsumen dari aplikasi ini. Cara promosi yang paling ampuh di platform ini adalah dengan TikTok Ads.

Sama halnya dengan Facebook Ads atau Instagram Ads, TikTok memiliki algoritma yang dapat membantu iklan Anda “terlihat” oleh sasaran yang Anda inginkan.  Misalnya, bisnis Anda berada dibidang kuliner, maka iklan yang diperlihatkan ke user yang memiliki minat yang sama.

6. Agensi Influencer

Agensi influencer adalah metode yang menghubungkan antara brand yang ingin beriklan dengan influencer TikTok.  Biasanya agensi ini menjadi perantara, koordinator, hingga manajemen, dari perjanjian iklan. Misalnya, mencarikan influencer yang tepat, mengatur konsep iklan, hingga mengelola kerja sama.

Sebenarnya, TikTok sudah memiliki platform khusus untuk Creator Marketplace. Di sana terdapat fitur spesifik yang bekerja sama dengan influencer.  Namun biasanya, biaya yang harus dikeluarkan lumayan besar. Karena harus dibagi dengan pihak influencer, pembuatan konten, hingga komisi bagi TikTok sendiri.

Nah, di situlah Anda dapat mengambil kesempatan dengan memberikan harga yang relatif lebih terjangkau dibanding yang penawaran TikTok. Cara ini cocok bagi Anda yang memiliki keahlian content marketing dan video marketing. Tidak ada salahnya mencoba peruntungan dengan membuka agensi influencer ini.

7. TikTok Influencer

Salah satu cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula adalah menjadi influencer.  Selain popularitas, TikTok influencer bisa menghasilkan uang dalam berbagai kesempatan, misalnya:

– Sponsored content post.
– Brand ambassador. Misalnya Niagahoster yang menggandeng brand ambassador Peter Kambey.
– Marketing afiliasi.
– Endorsement, dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Zona Lama TPA Banyuroto Dirancang Jadi RTH, Zona Baru Bisa Tampung Sampah 5 Tahun ke Depan

Kulonprogo
| Kamis, 18 April 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement