Advertisement

Asyik, Konten Kreator Youtube Short Bakal Bisa Hasilkan Uang

Rahmi Yati
Selasa, 01 November 2022 - 22:17 WIB
Arief Junianto
Asyik, Konten Kreator Youtube Short Bakal Bisa Hasilkan Uang Ilustrasi YouTube. - Bloomberg/Chris Ratcliffe

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - YouTube berencana akan memonetisasi atau memberikan bayaran pada konten kreator yang rajin mengunggah video pendek lewat platform YouTube Shorts.

Country Head YouTube Indonesia, Suwandi Widjaja mengatakan saat ini penonton YouTube Short telah mencapai lebih dari 30 miliar per hari secara global atau meningkat empat kali lipat sejak dirilis di seluruh dunia tahun lalu.

Advertisement

"Mulai tahun depan kami mempunyai peluang untuk meluncurkan monetisasi untuk kreator-kreator YouTube Short. Jadi kreator YouTube Short akan mulai bisa menghasilkan uang di dalam platform YouTube mulai awal tahun depan," katanya dalam konferensi pers, Selasa (1/11/2022).

Menurutnya, rencana ini merupakan hal yang bagus untuk menghargai serta membantu lebih banyak kreator YouTube Short terutama di daerah-daerah kecil untuk bisa berkarya dan menghasilkan uang untuk kebutuhan mereka.

Suwandi menyebut, pihaknya nanti akan memberikan AdSense pada para kreator yang mengakses dan membuat konten YouTube Short yang diklaim lebih mudah lantaran bisa menggunakan ponsel.

"Kita melihat di Indonesia itu banyak animo masyarakat begitu tinggi untuk membuat short konten, jadi kita mau memberikan sarana yang lebih baik," ucap dia.

Lebih lanjut dia menuturkan, rencana untuk memberikan 'gaji' bagi para kreator YouTube Shorts ini akan dilakukan awal tahun depan. Namun, Suwandi belum bisa memastikan kapan tanggal dimulainya.

Nantinya, sambung dia, akan ada iklan yang muncul di antara konten short satu dengan lainnya. Uang yang dihasilkan dari video-video pendek tersebut akan dibagikan secara rata pada konten kreator.

"Monetisasi YouTube Short ini akan terjadi di awal tahun depan. [Besaran uangnya] dihitung berdasarkan jumlah tampilan mereka. Namun secara detail nanti akan kita imumkan lagi," imbuh Suwandi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkab Sleman Sosialisasikan Program Kampung Hijau

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement