Advertisement

ANTV dan tvOne akan Migrasi ke Digital

Annisa Kurniasari Saumi
Sabtu, 05 November 2022 - 22:07 WIB
Jumali
ANTV dan tvOne akan Migrasi ke Digital Ilustrasi Perangkat set top box yang sudah mendapat sertifikat dari Kominfo dan tercatat antara lain Akari Set Top Box ADS-2230. - Kompub ASO - Wienda Parwitasari

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Emiten televisi Grup Bakrie PT Visi Media Asia Tbk. (VIVA) membantah jika dua stasiun televisinya, yakni tvOne dan ANTV menolak untuk bermigrasi ke siaran digital.

BACA JUGA : Cara Pindah Siaran Digital dari Analog

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Corporate Secretary VIVA Neil R. Tobing mengatakan ANTV dan tvOne yang merupakan stasiun televisi dibawah bendera VIVA telah menghentikan siaran analognya pada tanggal 3 November 2022 pukul 24.00 WIB.

"Dan sejak Rabu (2/11/2022) pukul 24.00 WIB telah bersiaran secara digital sampai saat ini," kata Neil, dikutip Sabtu (5/11/2022).

Dia melanjutkan, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) telah menghentikan siaran televisi analog atau analog switch off (ASO) di wilayah Jabodetabek (dan sejumlah daerah) per Rabu (2/11/2022) pukul 24.00 WIB.

Seiring dengan hal tersebut, maka seluruh Ijin Stasiun Radio televisi analog di wilayah layanan Jabodetabek dicabut dan dinyatakan tidak berlaku lagi oleh Kemenkominfo dan untuk selanjutnya seluruh stasiun televisi swasta di Jabodetabek bermigrasi ke siaran digital.

Sebelumnya, Bos MNC Group Hary Tanoesoedibjo membeberkan keresahannya terhadap kebijakan pemerintah mengenai analog switch off (ASO).

"Sebagaimana kita ketahui 60 persen penduduk Jabodetabek masih menggunakan TV analog,” ujar Hary, Jumat (4/11/2022).

Advertisement

Hary kemudian mengaku pernah menyampaikan keresahannya kepada Presiden Joko Widodo. Ia menyarankan Jokowi agar siaran analog dan siaran digital dapat dijalankan bersamaan sampai masyarakat siap dengan TV digital.

Penerapan ASO disebut sama saja dengan memaksa masyarakat membeli set top box (STB) agar dapat menyaksikan siaran digital. Padahal kondisi perekonomian masyarakat saat ini dinilai masih kurang baik akibat pandemi Covid-19.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Kurangi Bencana, FPRB Bantul Tanam Mangrove di Baros

Jogja
| Minggu, 04 Desember 2022, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Wisata ke Singapura via Batam, Begini Triknya

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 05:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement