Advertisement

PBB Desak Elon Musk Lindungi HAM di Twitter

Newswire
Senin, 07 November 2022 - 05:27 WIB
Lajeng Padmaratri
PBB Desak Elon Musk Lindungi HAM di Twitter Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia, Volker Türk, mendesak Elon Musk, pemilik baru Twitter Inc, untuk memastikan hak asasi manusia menjadi pusat pengelolaan Twitter.

Twitter Inc memberhentikan setengah tenaga kerjanya pada hari Jumat (4/11/2022). Cuitan-cuitan oleh staf perusahaan media sosial tersebut mengatakan tim yang bertanggung jawab atas hak asasi manusia termasuk di antara mereka yang terkena dampak.

Advertisement

Hal itu membuat Türk mengeluarkan surat terbuka kepada Musk pada Sabtu (5/11/2022). "Twitter adalah bagian dari revolusi global yang telah mengubah cara kita berkomunikasi," kata Türk dalam surat itu, seperti dilaporkan Reuters, Minggu (6/11/2022).

"Tapi saya menulis dengan keprihatinan dan ketakutan tentang wadah publik digital kami dan peran Twitter di dalamnya," ujarnya menambahkan.

Seperti semua perusahaan, lanjutnya, Twitter perlu memahami bahaya yang terkait dengan platformnya dan mengambil langkah untuk mengatasinya.

"Menghormati hak asasi manusia kita bersama harus menetapkan pagar pembatas untuk penggunaan dan evolusi platform," ujar Türk.

"Singkatnya, saya mendesak Anda untuk memastikan hak asasi manusia menjadi pusat pengelolaan Twitter di bawah kepemimpinan Anda," imbuhnya.

Adapun PHK pada hari Jumat mengakhiri kekacauan dan ketidakpastian selama seminggu tentang masa depan Twitter di bawah Musk, orang terkaya di dunia, yang menyatakan bahwa layanan media sosial itu mengalami "penurunan besar-besaran dalam pendapatan".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Libur Panjang Paskah, Daop 6 Jogja Operasikan 5 KA Jarak Jauh Tambahan

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement